Naik Tiga Tingkat, UNAIR Berhasil Raih Ranking Ke-12 dalam UI GreenMetric 2021

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Pada Selasa (14/12/21), Universitas Airlangga (UNAIR) kembali meraih kabar menggembirakan karena berhasil meraih ranking ke-12 berdasarkan pemeringkatan UI GreenMetric 2021. Dr. Karnaji S.Sos., M.Si., selaku Direktur Logistik, Keamanan, Ketertiban, dan Lingkungan UNAIR mengungkapkan bahwa ranking tersebut naik tiga tingkat dari tahun sebelumnya yang berada pada ranking ke-15.

“UNAIR meraih ranking 183 di level dunia pada tahun 2020 dan meningkat menjadi ranking 139 pada tahun 2021. Sedangkan di Indonesia, UNAIR meraih ranking ke-15 pada tahun 2020 dan meningkat menjadi ranking ke-12 pada tahun 2021,” jelasnya.

Adapun indikator penilaiannya masih sama yakni melihat dari enam indikator yang terdiri atas setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, education and research. Pada hasil pemeringkatan tahun 2021, UNAIR mendapatkan skor terbaik dalam indikator education and research. Kemudian disusul pada indikator transportation, waste, setting and infrastructure, water dan yang paling rendah terdapat pada indikator energy and climate change.

“Jadi, pemeringkatan dalam UI GreenMetric ini dilakukan setiap satu tahun sekali dan biasanya hasil evaluasi akan diumumkan pada minggu kedua di bulan Desember,” ujar Dr. Karnaji.

Lebih lanjut, Dr. Karnaji mengungkapkan bahwa kedepannya UNAIR akan melakukan perbaikan khususnya pada indikator waste (pengelolaan limbah, Red) dan water (pengelolaan air, Red). Adapun beberapa hal yang akan dikembangkan oleh UNAIR adalah pemanfaatan air hujan agar dapat digunakan kembali untuk kegiatan penyiraman tanaman dan lain-lain serta membuat pembangkit listrik bertenaga angin.

“Tahun 2021 ini, UNAIR telah memiliki pembangkit listrik yang berasal dari tenaga surya dan kedepan akan dikembangkan pembangkit listrik bertenaga angin,” tambah Dr. Karnaji.

Menanggapi meningkatnya ranking UNAIR dalam UI GreenMetric 2021, Dr. Karnaji mengungkapkan rasa syukurnya dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mencapai posisi tersebut. Selain itu, Dr. Karnaji juga berharap pada tahun 2022 UNAIR dapat masuk dalam posisi 10 besar pada pemeringkatan UI GreenMetric.

“Kami berharap, mudah-mudahan pada tahun 2022 dengan kerja keras semua pihak baik fakultas dan unit-unit di lingkungan UNAIR, semoga Allah meridhoi sehingga bisa masuk dalam posisi 10 besar atau bahkan 5 besar,” tandasnya pada Senin (20/12/21). (Yul)

Caption: Universitas Airlangga berhasil meraih ranking ke-12 dalam pengumuman UI GreenMetric 2021.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait