Nasim Khan Ajak Rangkul UMKM dan IKM Produksi APD dan Masker

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Di tengah tenaga medis berjibaku mengatasi para korban wabah virus Corona (Covid-19), Alat Pelindung Diri (APD) serta alat lainnya termasuk masker masih langka di sejumlah daerah. Kalaupun ada, tetapi harganya sudah jauh di atas harga normal.

Padahal, kata Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Komisi VI DPR RI, Ir H M Nasim Khan dalam keterangan pers yang diterima Beritalima.com, Senin (6/4) malam, APD dan masker saat ini sangat dibutuhkan termasuk oleh masyarakat.

Bahkan hazmat wajib digunakan para tenaga medis yang berada di garis terdepan penanganan virus mematikan yang telah merenggut ratusan nyawa anak bangsa dan ribuan lainnya tengah mendapat perawatan intensif dari tenaga medis.

Sebab itu, wakil rakyat dari Dapil III Provinsi Jawa Timur tersebut mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu, merangkul para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia. “Para pelaku UMKM serta IKM untuk memaksimalkan kreatifitasnya untuk memproduksi APD, Masker dan lainnya,” kata Nasim Khan.

Bila para pelaku UMKM seta IKM diberdayakan, ungkap laki-laki kelahian Situbondo, Jawa Timur, 10 Juni 1975 tersebut, tentu kebutuhan APD serta masker di Indonesia bisa dipenuhi dan angka penyebaran Covid-19 dapat ditekan serta pelaku UMKM dan IKM juga terbantu usahanya.

Wakil Bendahara Umum DPP PKB tersebut optimis pelaku UMKM serta IKM dengan cepat mampu memenuhi kebutuhan bila mereka didukung oleh seluruh sektor terkait. “Hilangkan pikiran kepentingan golongan dan politik. Saatnya kita bersatu untuk indonesia,” kata Bang NK, sapaan akrab Nasim Khan.

Pria berbintang Gemini yang memulai karir politik dibangku kuliah ketika menjadi mahasiswa Institut Teknologi Nasional Malang tersebut meminta pemerintah segera memberikan pengetahuan dan bahan tambahan agar hasil produksi pelaku UMKM dan IKM bisa memenuhi standart SNI. “Saya juga berharap semua pihak, khususnya pemerintah di kementerian bisa memberi pelatihan dengan maksimal dan membeli, mengambil hasil karya mereka semua sesuai standart umum,” ucap dia.

Pada periode 2014-2019, Nasim Khan bersama tim NKI ikut mengawal dan menyerahkan bantuan baik pelatihan atau pun alat usaha kepada pelaku UMKM, IKM serta Wirausaha pemula dari program-program Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian BUMN. “Insya Allah mereka sekarang sudah terampil. Sekarang kita berdayakan mereka untuk membuat masker, APD dan lainnya yang saat ini sangat dibutuhkan,” kata Bang NK.

Dikatakan, Alhamdulillah sampai saat ini, NKI sudah membagikan Masker, Hand sanitizer, sembako dan vitamin ke masyarakat, kami juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai daerah di Dapil kami,” kata dia.

NK yang dipercaya pemilih dari Situbondo, Bondowoso serta Banyuwangi sebagai rakyat ini menyatakan, bakal membeli semua hasil karya pelaku UMKM dan IKM asal Dapilnya tersebut. “Niatnya untuk kemanusian, untuk teman-teman UMKM (yang akan menjual masker atau APD), bisa menghubungi Contact person NKI Instute (Nasim Khan Institute) atau mengirim pesan ke medsos kami, tweeter @nasimkhanNKI, Instagram, @nasim_khan_institue atau Facebook, Nasim Khan Institute,” ungkap dia.

Nantinya, kata NK, masker dan APD yang telah dibeli, akan disalurkan ke masyarakat di daerahnya secara gratis. “Akan kami sebarkan dalam waktu secepatnya kepada seluruh masyarakat, kami akan bersenergi dengan pemerintahan kabupaten, TNI Polri, DPC PKB Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso, temen-temen Jurnalis, LSM, Perangkat desa serta komunitas-komunitas sosial binaan kita,” demikian Ir Nasim Khan. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait