Natalis Tabuni Dukung DOB, dan Nabire Jadi Ibu Kota Provinsi

  • Whatsapp

Jayapura – Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni tegas menyatakan sikap mendukung Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua.

Pernyataan ini disampaikan Bupati kepada awak media saat menghadiri Rakerda Bupati dan Wallikota Se-Provinsi Papua Rabu (15/6/2022).

“Di wilayah Meepago Papua tengah, sikap saya belum berubah yaitu mendukung DOB. Karena dengan terbentuknya satu daerah baru akan mempercepat pembangunan,  rentan kendali masyarakat untuk lebih dekat lagi, peningkatan perekonomian, serta pembangunan infrastruktur,” tegas Natalis Tabuni.

Terkait Ibu Kota Provinsi, dijelaskan Natalis Tabuni, saat ini terjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat khususnya di wilayah Papua Tengah. Soal tersebut dikatakan adalah kewenangan Pusat.

“Tetapi yang jelas, dalam studi dengan UGM Tim Pemekaran sudah menentukan Ibu Kota Provinsi layak satu di Mimika, dan 

layak dua di Nabire. Jadi soal Ibu Kota Provinsi kita kembalikan saja biar pusat yang menentukan,” jelasnya.

Tetapi, kata dia, jika diminta tanggapan, maka dia memilih Nabire.

“Saya lebih memilih di Nabire, alasannya karena Nabire itu adalah kota tertua, dan sudah mekarkan enam kabupaten namun pembangunan lambat. Oleh karena itu, Nabire harus menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah. Sehingga kita bisa mempercepat pembagunan disana,”ucapnya.

“Kalau Mimika, tanpa menjadi Ibu Kota 

Provinsi pun bisa maju kerena Mimika adalah kota industri,” sambungnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait