Nimbokrang Akan Segera Miliki Wisata Alam, Ada Arung Jeramnya Dan Arena Gastrack

  • Whatsapp

JAYAPURA – Kampung Benyom Jaya 1 Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura tak lama lagi akan miliki wisata pemacu adrenalin berkonsep alam.

Wisata yang rencananya dibuat sepanjang sungai Grime – Repang ini diberinama Panorama Gripang Jaya. Wisata Panorama Gripang Jaya rencana akan menyediakan berbagai Wisata berkonsep alam meliputi wisata Arung jeram, Kolam Renang Pemandian , Kolam pemancingan alam, Lapangan Gastrack Motor Cross, Lintasan Motor ATV dan Flying Fox.

Konsep wisata alam ini digagas Suwardi bersama warga  Benyom 1 yang tergabung dalam Panorama Gripang Jaya dan dalam pembinaan Babinkamtibmas Polsek Nimbokrang Bripka Yoyong Kuncoro, SH.

Kepada tim Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura yang hadir meninjau lokasi Panorama Gripang Jaya, Suwardi mengatakan jika konsep wisata Panorama Gripang Jaya sebetulnya sudah digagas sejak Mei 2021 lalu, namun urung terlaksana lantaran Pandemi Covid-19.

“Jadi kami bersama Babinkamtibmas sebetulnya sudah merencanakan ini sejak lama,  hanya belum terlaksana karena Covid -19, dan baru tahun ini kita mulai rintis lokasi dan pembatasannya,”kata Suwandi, Sabtu (18/6/2022).

Kepada Dinas Pariwisata,  pihaknya berharap perhatian untuk turut memberikan masukan dan bantuan lain agar Panorama Gripang Jaya tersebut segera dikerjakan dan bisa menjadi spot wisata Kabupaten Jayapura. 

“Inilah lokasi dan kondisi Panorama Repang Jaya. Kami hanya mempunyai tenaga dan fikiran, dan kiranya bapak dari Dinas Paeiwisata dapat membantu kami untuk memajukan tempat yg akan kami rencanakan menjadi wisata alam ini.  Kami sangat optimis jika wisata ini terealisasi dan tertata bagus, akan ramai pengunjung dan dan tentunya bisa menjadi wisata andalan Kabupaten Jayapura,”ucapnya. 

Sementara, Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Benyamin Yerisetouw mengapresiasi rencana pembangunan wisata alam Panorama Gripang Jaya, bahkan dirinya menyebut segera melakukan pemetaan.

“Ini kedatangan kami pertama, dan kami akan datang lagi kedua kalinya dengan membawa peralatan untuk pengukuran dan pemetaan tempat,”ucapnya. 

Terkait bantuan, pihaknya menegakkan akan memberikan bantuan berupa pembangunan Homestay, Jalan dan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK).

“Saya menyampaikan Dinas Pariwisata tidak bisa membantu kelompok Panorama Gripang Jaya dengan uang tunai, 

Tetapi kita bisa membantu  bangunan Homestay,Jalan dan terutama MCK, dan kita akan membantu penataan pariwisata bertaraf alam agar tempat ini bisa terkenal dan banyak pengunjung nya,”ucapnya 

Sementara,   Babinkamtibmas Polsek Nimbokrang Bripka Yoyong Kuncoro mengatakan , jika pemuda Kampung Benyom Jaya I memiliki kreatifitas dengan mambanngun Wisata alam Panorama Gipang Jaya.

“Kita berfikir, di kampung ini memiliki banyak lahan tidur maka dari itu terbentuk lah Panorama Gripang Jaya. Harapannya, lahan tidur ini kedepannya dapat menghasilkan uang. Dalam artian bisa dimanfaatkan dan bisa berguna bagi banyak orang.  Kami selalu mensuport inovasi pemuda dan masyarakat dikampung ini agar terus berinovaasi dan mengeluarkan ide atau gagasan yang baik untuk kemajuan kampung,”ucapnya. 

Terakhir, dirinya menegaskan jika pihaknya selalu melibatkan adat dalam berbagai kegiatan, termasuk pada pembangunan wisata alam Panorama Gripang Jaya tersebut.

“Kita merangkul pemangku adat setempat agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan ini selalu kita kedepankan,”pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura tersebut, juga dihadiri Kepala Kampun Benyom I Warsito,  Ondo Frans Wandi, Babinsa Koramil Nimboran Serda Tiyono dan juga dihadiri anggota Kelompok serta rombongan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura. 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait