Okupansi Penumpang KA pada Masa Angkutan Lebaran Hingga H+2

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Okupansi penumpang kereta api (KA) yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 8 pada H+2 Lebaran atau Selasa (25/4/2023) berdasarkan data pukul 10.00 sebanyak 18.972 penumpang.

Mereka berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng tercatat 5.150 orang, dari Stasiun Surabaya Pasarturi sebanyak 5.385 orang, dari Stasiun Malang ada 3.032 orang, dan dari stasiun lainnya sejumlah 5.405 orang.

“KAI Daop 8 Surabaya mencatat mulai 14 April 2023 sampai hari ini jumlah penumpang yang naik sebanyak 249.835 orang, sedangkan yang turun 226.268 orang,” ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa (25/4/2023).

Memasuki masa arus balik, Luqman mengatakan, masyarakat yang akan menggunakan KA pada arus balik bisa melakukan pembelian tiket di tanggal alternatif. Atau bila di tanggal yang diinginkan tidak mendapat tiket, bisa menggunakan fitur connecting train yang tersedia dalam aplikasi KAI Access. Hal ini sesuai anjuran pemerintah untuk mengurangi kepadatan arus balik lebaran.

“KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan perjalanan KA yang masih tersedia. Pemesanan tiket dapat dilakukan di KAI Access, web KAI, atau seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya,” terangnya.

Pada masa angkutan lebaran 2023 ini, moda transportasi kereta api menjadi solusi di tengah padatnya arus lalu lintas, karena kereta api memiliki keunggulan dibanding transportasi darat lainnya, yaitu bebas macet, tepat waktu, nyaman, dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Pada masa Angkutan Lebaran 2023 ini KAI Daop 8 memberangkatkan 40 KA Jarak jauh reguler dan 9 KA tambahan. Saat ini masih terdapat beberapa tiket yang tersedia untuk semua KA di Wilayah Daop 8 Surabaya seperti KA Sancaka, KA Ambarawa Ekspres, KA Malioboro, KA Logawa, dan KA Lainnya.

Disampaikan pula, para pengguna KA tidak perlu khawatir saat berada di stasiun, karena banyak petugas yang siap membantu memberikan informasi.

KAI Daop 8 Surabaya juga bekerjasama dengan relawan Satgas Pramuka, komunitas pecinta kereta, maupun petugas dari Customer Service Mobile (CSM) yang dalam masa lebaran tahun 2023 ini bertugas mengarahkan pelanggan untuk melakukan pencetakan tiket hingga arah peron keberangkatan kereta para pengguna.

KAI Daop 8 Surabaya mengimbau agar para pengguna selalu memperhatikan aturan dan syarat barang yang boleh dibawa saat naik KA jarak jauh. Ukuran barang yang boleh dibawa saat naik KA dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm.

Selain itu para pengguna tidak diperbolehkan membawa hewan, senjata api dan senjata tajam, barang yang mudah terbakar, dan makanan yang berbau menyengat. (Gan)

Teks Foto: Para calon penumpang KA di Stasiun Surabaya Pasarturi.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait