Usai Cuti Lebaran, Seluruh ASN Dilingkungan Pemkab Bondowoso Dipastikan Masuk

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat mengecek para ASN di hari pertama masuk usai cuti lebaran. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Cuti bersama lebaran Idul Fitri 1444 hijrah telah berakhir. Kini, aparatur sipil negara (ASN) kembali masuk kerja seperti biasa di hari Rabu (26/4/2023).

Di lingkungan Pemkab Bondowoso sendiri tercatat tak ada satu pun ASN yang bolos di hari pertama masuk kerja.

Data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bondowoso disebutkan dari total seluruh pegawai 8.929 orang. Dari jumlah itu, ASNnya 6.913 orang, PPPK ada 1.363 orang, CPNS 290 orang, serta K1/K2 ada 363 orang.

Menurut Plt. Kepala BKPSDM Sugiono Eksantoso, dari jumlah semua itu, tingkat kehadiran ASN di hari pertama pasca lebaran mencapai 97,4 persen atau sekitar 8.697 orang.

Sisanya pegawai dinas malam ada 108 orang, ada yang cuti hamil 48 orang, ada yang ijin di antaranya karena kecelakaan, menunggu putranya sakit ini ada 19 orang. Kemudian yang sakit ada 19 orang serta tugas belajar dua orang.

“Sedangkan pegawai yang alpha itu nol,” tuturnya usai mendampingi Bupati Salwa Arifin berkeliling ke sejumlah OPD menggelar silaturahmi, pada Rabu (26/4/2023).

Ia menerangkan, prosentase tingkat kehadiran ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kendati hanya sekian persen.

Namun dipastikan, monitoring kehadiran ini dilihat dari tiga metode. Di antaranya yakni melalui penarikan data dari mesin face print, android SIPP, serta pengukuran data secara online berdasarkan data dari seluruh kepala OPD.

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin bersama seluruh jajaran pejabat eselon, di hari pertama masuk melakukan silaturahmi ke sejumlah organisasi perangkat daerah didamping Sekretaris Daerah Bambang Soekwanto.

Beberapa di antaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, serta Dinas BSBK.

Sementara itu, di Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, dan Bina Konstruksi (BSBK) sebagai OPD dengan jumlah pegawai terbanyak. Dipastikan oleh Kepala Dinas BSBK, Munandar, bahwa seluruh pegawainya masuk di hari pertama.

“Hadir semua 100 persen dari total karyawan 745 orang,” katanya.

Berbeda dengan Dinas Pertanian, seperti disampaikan oleh Kepala Dinasnya, Hendrik Widotono, yang menyebut dari total 315 pegawai ada beberapa pegawainya yang cuti melahirkan. Sementara sisanya hingga tingkatan UPT dipastikan masuk di hari pertama pasca lebaran.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Agus Suwarno, menyebutkan, ada dua pegawainya yang tak masuk karena cuti melahirkan. Sementara, ada juga yang ijin dan sakit masing-masing satu orang.

Kendati begitu, dirinya memastikan tenaga kesehatan yang ada di 25 Puskesmas. Namun, ditekankannya bahwa ketika cuti bersama pun tenaga kesehatan tak libur di Puskesmas. Atau tetap memberikan pelayanan.

“Jadi ketika tidak libur, teman-teman itu shift-shiftan, kemudian ada tenaga dokter dan nakes strategis yang shift-shiftan di 25 Puskesmas,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, acara silaturahmi di sejumlah OPD diakhiri dengan kegiatan zoom untuk memonitor tingkat kehadiran dengan seluruh OPD di Pendopo Kabupaten.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait