Pastikan Kwalitas Bagus, Bupati Situbondo Sidak Pembangunan Jalan di Arjasa

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna suswandi saat mengecek pembangunan jalan di Arjasa. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Situbondo menggelar gowes, Minggu (9/10/2022). Rombongan berangkat bersama dari Pendapa Aryo Situbondo sekitar pukul 06.00 WIB.

Dari pantauan Humas Pemkab Situbondo, rute gowes rombongan Bupati start dari Pendapa Aryo Situbondo – TMP Situbondo – Jalan Argopuro – Jalan Arjuna – Kelurahan Mimbaan – Desa Panji Kidul – Desa Juglangan – Desa Curah Cottok – Desa Peleyan – Desa Kadang – finish di Desa Curah Tatal. Dengan total jarak yang ditempuh sekitar 20 kilometer.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pembangunan ruas jalan desa yang ada di Dusun Cangkring, Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa

Bung Karna mengungkapkan, tujuannya untuk memastikan agar proyek yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) APBD 2022 tersebut selesai tepat waktu. “Sehingga masyarakat bisa menikmati pembangunan infrastruktur ini dengan baik,” ujarnya.

Dari Sidak tersebut, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini menyampaikan, progres pengerjaan proyek sudah mencapai 73 persen. “Pengaspalan ini masih tersisa 27 persen. Oleh karena itu, saya berharap kepada dinas maupun CV bisa menyelesaikan ini tepat waktu,” tegas Bupati.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menerangkan, ruas jalan tersebut masih perlu pengaspalan sekali lagi. Sehingga kualitas jalan tersebut sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

“Saya melihat tadi masih perlu agregat yang harus dilakukan, sehingga jalan ini kualitasnya bagus,” tegasnya.

Bung Karna menyampaikan, pihaknya bakal terus memantau proyek-proyek infrastruktur di Situbondo. “Sepanjang itu bisa dijangkau dengan gowes, saya akan pantau setiap hari minggu. Sehingga di hari libur pun bisa kita gunakan untuk memantau pelaksanaan pembangunan di Situbondo,” imbuhannya.

Mengingat Kabupaten Situbondo mulai memasuki musim hujan, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini meminta, kepada Dinas PUPP dan kontraktor untuk menyelesaikan proyek-proyek infrastruktur dan pembangunan tepat waktu.

“Tentu harus tepat waktu. Karena bagaimana juga ini akan berdampak bagi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa menikmati jalan dengan baik, kalau jalannya banyak yang rusak tentu di musim hujan banyak orang yang jatuh. Oleh karena itu pelaksanaan proyek yang dari DAK ini agar segera dituntaskan,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Pelaksana Pengerjaan Jalan CV Putra Techindo Jaya, Leo, menjelaskan total panjang jalan proyek tersebut sekitar 1,9 kilometer. “Untuk anggarannya sekitar Rp3,8 miliar, yang bersumber dari DAK APBD 2022. Kami akan selesaikan sesuai dengan kontrak. Yakni tanggal 31 Oktober 2022,” bebernya.

Informasi tambahan, Pemkab Situbondo senan tiasa mengajak masyarakat untuk memberantas peredaran rokok ilegal di Kota Santri Pancasila. Karena keberadaannya jelas merugikan negara.

Sebab tidak ada pemasukan dari sektor cukai. Sehingga berdampak terhadap penerimaan pemerintah daerah dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Sekedar informasi DBHCHT Pemkab Situbondo tahun 2022 sebesar Rp55.748.515.000. Yang dikelola oleh beberapa OPD. Di antaranya Dinsos, Diskoperindag, Disnaker, Dispertangan, Dishub, dan Dinas PUPP, Satpol PP, RSUD dr Abdoer Rahem, RSUD Besuki, serta RSUD Asembagus.

Dana jumbo tersebut digunakan untuk pembangian BLT, pelatihan kerja, pembagian pupuk urea gratis kepada petani, pemasangan PJU, pembangunan RTLH, progam Tolop (tutup lubang -red), pembangunan jamban keluarga, progam sehat gratis (Sehati), penurunan angka stunting, pengadaan alat kesehatan (Alkes), rehap gedung rumah sakit, sosialisasi tentang cukai dan operasi pasar rokok ilegal. (ADV/BET)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait