PCR Siap, Pemeriksaan Sampel dan Tracing Kasus Akan Diperluas

  • Whatsapp

Bengkulu, beritalima.com | Provinsi Bengkulu sudah dapat secara mandiri melakukan pemeriksaan sampel SWAB Covid-19 pada Selasa (19/5) mendatang. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni saat keterangan pers perkembangan Covid-19 di Aula Dinkes, Minggu (17/5).
“Tadi sudah dicek kembali, bersama Direktur RSMY. Seluruh perlengkapan sudah siap, dan besok Senin(18/5) sudah mulai ujicoba pemeriksaan sampel serta finalisasi secara keseluruhan, mulai dari proses alur kerja, tim kerja dan sebagainya. Sehingga Lusa, (19/5) sudah mulai running untuk pemeriksaan sampel awal,” jelas Herwan
Lebih lanjut, Herwan mengatakan nantinya pemeriksaan akan dilakukan secara bertahap, sebab proses ini baru pertama kali dilakukan. Kita saat ini tersedia 2 alat tes Covid-19 yaitu PCM atau (alat seperti microskop dengan menggunakan catridge) dan PCR (dengan menggunakan reagen).
“Tahap pertama dimulai dengan pemeriksaan 20 hingga 50 sampel, jika sudah berjalan akan ditingkatkan karena kapasitas alat dapat mencapai 100 sampel perhari. Bahkan selanjutnya bisa lebih, sebab kita miliki 2 alat yang dapat digunakan untuk pemeriksaan sampel,” terangnya
Kemudian menurut Herwan, kedepan tim dapat memperbanyak melakukan pemeriksaan sampel secara meluas ke kabupaten/kota. Bahkan kita bisa mengembangkan penyelidikan secara epidemiologi dengan pengambilan sampel secara random pada kelompok berpotensi penularan, dengan demikian nanti dapat dianalisa bagaimana kondisi riil kasus Covid-19 secara sesungguhnya di Provinsi Bengkulu. 
“Jadi tim akan lebih agresif melakukan pelacakan pada tracing cluster yang diprediksi menimbulkan infeksi baru. Bahkan, kedepan dapat dilakukan rapid dan pengambilan sampel pada kelompok resiko, termasuk untuk masyarakat yang berada atau beraktivitas di tempat umum, seperti pasar, terminal, jalanan, swalayan, ataupun mall mall,” pungkas Herwan. (rl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait