Pemkab Situbondo Anggarkan 16 Miliar Pupuk Gratis 2022 untuk Petani

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi sosialisasi Pupuk Gratis untuk Petani. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Program bantuan pupuk urea gratis dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo terus berlanjut. Pada tahun 2022 ini, pemerintah menggelontorkan anggaran hingga Rp16 miliar lebih untuk merealisasikan program tersebut. Total ada 21.631 petani yang akan mendapatkan bantuan itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi saat menyampaikan sambutan dalam acara Sosialisasi Program dan Kegiatan Pembangunan Tahun 2022 di Kecamatan Mlandingan, Rabu (16/3/2022).

“Ini adalah salah satu program unggulan saya dan Nyai Khoi. Sehingga bisa membantu beban para petani. Khususnya di masa pandemi Covid-19 yang belum usai,” ucapnya.

Bupati 54 tahun ini optimis, bantuan pupuk urea gratis itu bisa meringankan beban petani ditengah kelangkaan dan mahalnya harga pupuk. “Mayoritas penduduk Situbondo matapencahariannya adalah sebagai petani. Jadi pemerintah daerah ini harus hadir ditengah-tengah kesulitan yang mereka hadapi,” bebernya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna mengatakan, anggaran pembagian bantuan pupuk urea gratis tahun 2022 ini bersumber dari DAU dan DBHCHT. “Jika dibandingkan dengan tahun kemarin anggaran bantuan pupuk urea gratis ini mengalami kenaikan,” tegasnya.

Lebih jauh, Bung Karna menjelaskan, petani yang akan mendapatkan bantuan pupuk urea gratis adalah mereka yang memiliki lahan 0,4 hektare kebawah. “Dan mereka sudah terdaftar di e-RDKK Kementerian Pertanian,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo, Haryadi Tejho Laksono menyampaikan, pembagian pupuk urea gratis rencananya akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang. “Ini masih kita siapkan mas pengadaannya. Insya Allah di bulan 10,” tegasnya melalui pesan WhatsApp.

Haryadi menuturkan, nantinya setiap petani akan mendapatkan bantuan pupuk gratis sekitar 50 kilogram. “Kira-kira jumlah yang akan diterima oleh petani masih sama seperti tahun kemarin,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani, Ketua TP-PKK, Hj Juma’ati Karna Suswandi, jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, Forkopimka Mlandingan, dan 7 Kades se-Kecamatan Mlandingan. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait