Pemkab Situbondo Dapat Penghargaan APE dari Kementerian P3A

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi didampingi Wakil Bupati Khoironi saat menerima penghargaan dari Kementerian P3A

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo kembali meraih prestasi bergengsi. Yaitu, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) katagori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Republik Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Situbondo Imam Hidayat, penghargaan APE diperoleh karena kerja keras Pemkab Situbondo dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan serta pemenuhan kebutuhan anak.

“Alhamdulillah dengan katagori Madya ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah (Pemda) Situbondo berkomitmen dalam pengarusutamaan gender atau yang disingkat PUG,” ujarnya, Senin (27/9/2021).

Imam Hidayat menerangkan, ada tujuh indikator dalam penilaian PUG Kementerian P3A. Salah satunya adanya partisipasi masyarakat dalam PUG tersebut. Baik dalam perorangan maupun kelompok.

“Dimana itu semua melalui penilaian yang cukup ketat dan transparan,” imbuhnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Owner RS Mitra Sehat ini menjelaskan, sejauh ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Situbondo sudah memiliki perencanaan responsif gender. Sehingga hal tersebut menjadi nilai tambah bagi pemerintah daerah.

“Misalnya di DP3A itu sudah melakukan pelatihan-pelatihan pemberdayaan perempuan. Kemudian di Dinas PUPR itu ada fasilitas penerangan jalan umum (PJU). Inikan sudah menunjukkan ramah terhadap perempuan dan anak ,” tungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian P3A Republik Indonesia karena telah memberikan penghargaan tersebut.

“Ini menjadi penyemangat bagi pemerintah daerah untuk terus mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Kami akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada kaum perempuan. Sehingga tidak ada lagi diskriminasi kepada mereka (kaum perempuan -red),” tutupnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait