Pemkab Situbondo Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Pada Korban Banjir

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi serahkan sertifikat tanah pada warga Sumber kolak. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Ratusan korban banjir yang ada di Dusun Langai, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Dusun Watu Lungguh, Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, dan Dusun Sliwung Utara, Desa Sliwung, Kecamatan Panji, kini bisa tersenyum bahagia.

Sebab Pemkab Situbondo membagikan sertifikat tanah kepada mereka yang membangun rumah di atas tanah milik pemerintah daerah.

Salah satu warga Dusun Langai, Ahmad Karimullah mengatakan, sudah belasan tahun warga setempat menunggu hal tersebut. “Dulunya tanah ini milik pemerintah daerah jadi mungkin mau dihibahkan ke warga sini,” ucapnya, Kamis (2/5/2022).

Ahmad Karimullah mengungkapkan, total ada 113 rumah yang akan disertifikasi oleh Pemkab Situbondo. “Yang ditempati 80 rumah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ahmad Karimullah menyampaikan, pihaknya hanya diminta untuk mengumpulkan fotokopi KTP ke pihak Desa. “Itu untuk pendataan dan nanti diajukan ke bagian aset daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Sliwung Utara, Suwandi menuturkan, pihaknya pernah mengajukan permohonan sertifikat hak milik (SHM) ke Pemkab Situbondo. Namun tidak ada tanggapan.

“Disini ada 38 rumah yang mau disertifikat masing-masing dan itu disanggupi (oleh Pemkab Situbondo -red). Harapannya semoga cepat diproses agar warga saya ini bahagia,” tukasnya.

Suwandi menjelaskan, status tanah yang dibangun rumah oleh warga adalah hak guna pakai (HGP). “Jadi takut kalau sewaktu-waktu ada apa-apa, digusur saya nanti mau tidur dimana kalau gitu,” imbuhnya.

Di sisi lain, Bupati Situbondo Karna Suswandi menerangkan, hibah tanah Pemkab Situbondo ke warga korban banjir di tiga lokasi tersebut merupakan permintaan mereka. “Dan kita akan segera menindaklanjuti melalui BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah -red) untuk memproses hibahnya,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menuturkan, ada sepuluh titik tanah milik Pemkab Situbondo yang sudah dihibahkan ke warga korban banjir. Dari dua puluh titik yang direncanakan.

“Yang sepuluhnya masih dalam proses persertifikatkan kepada pemerintah daerah. Sedangkan yang lain sudah ada sertifikatnya dan itu sudah bisa dihibahkan,” pungkasnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait