Pemkab Situbondo Siapkan Anggaran 14 Miliar untuk Pembangunan Rumah Layak Huni

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi memaparkan rencana pembangunan tahun 2022. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan sosialisasi program dan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kecamatan Arjasa, Selasa (8/3/2022).

Bupati 54 tahun ini mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo telah mengalokasikan anggaran hingga Rp14.165.000.000 di APBD tahun 2022. Anggaran itu bakal digunakan untuk program bikin rumah layak huni (Birulah).

“Nantinya pemerintah daerah akan membangun 944 unit rumah warga miskin yang mendapat program Birulah,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Bapak dua anak ini mengatakan, masyarakat yang mendapat program Birulah adalah mereka yang tergolong masuk dalam katagori miskin ekstrim. “Tentunya secara bertahap ya, tidak bisa langsung. Karena anggaran kita masih terbatas,” bebernya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menyampaikan, Pemkab Situbondo menargetkan pada tahun 2024, angka kemiskinan ekstrim di Situbondo bisa habis. “Ini arahan dari pemerintah pusat. Jadi harus kita dukung penuh,” tegasnya.

Lebih jauh, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini menerangkan, satu unit rumah warga yang mendapat program Birulah akan dibangun dengan dana sebesar Rp15 juta. “Anggaran ini (program Birulah -red) besaral dari DAU dan DBHCHT tahun 2022,” tambahnya.

Pria yang akbar disapa Bung Karna ini menjelaskan, lokasi sasaran program Birulah ada di 5 Kecamatan. Dimana wilayah itu yang memiliki angka kemiskinan ekstrim tertinggi di Situbondo. “Jadi ada 5 Kecamatan. Yakni Besuki, Arjasa, Sumbermalang, Suboh, dan Panji,” pungkasnya.

Bung Karna menuturkan, pihaknya mengupayakan untuk menaikkan anggaran Birulah di tahun yang akan datang. “Kita inginnya seperti itu. Tentunya dilihat dulu kalau PAD meningkatkan dan dana trasnfer dari pemerintah pusat sudah maksimal, maka akan kami prioritaskan program-progam Yang pro-rakyat. Salah satunya Birulah,” tutupnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait