Penderita TB di Pancoranmas Didata

  • Whatsapp

DEPOK, Beritalima.com | Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kecamatan Pancoranmas menyusuri rumah-rumah warga, di RT2/7, Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas, Selasa (6/10). Mereka ingin mendata warga yang mengidap tuberkulosis (TB).


Sekretaris PPTI Kecamatan Pancoranmas, Rosana mengatakan, kegiatan ini masuk ke dalam program Gertak TB. Kemarin, kata dia, sudah masuk hari kedua. Rencananya akan dilakukan tiga kali kunjungan.
Untuk hari ketiga akan berkunjung ke Kelurahan Pancoranmas dan Kelurahan Depok,” ungkapnya kepada Beritalima.com


Ia mengatakan, rencananya ada sekitar 70 pasien TB yang akan didata. “Kami akan menginvestigasi ke rumah-rumah, untuk mencari orang yang memang bergejala untuk mengarah ke TBC,” terangnya.
Tentu tidak ahanya sebatas pendataan. Perawat Puskesmas Depok Jaya, Rukayah mengatakan, pasien juga akan didampingi proses penyembuhannya.


“Sistemnya, rumah yang diobatin itu lebih kurang di samping kiri kanan depan belakangnya. Itu kita harus menscreening, melacak, menggali, mencari, mendeteksi, ada tidak, tetangganya ini yang terpapar juga,” beber dia.


Ia menambahkan, pihaknya juga akan menyasar ke rumah sakit yang melayani TB. Artinya, pencarian suspek TB tidak hanya berdasarkan data Puskesmas.


“Contohnya seperti RS Bhakti Yudha. Nanti kami akan mencoba ke RS Hermina. Pokoknya semua rumah sakit yang ada di Pancoranmas bakal didatangi,” pungkasnya
Fredi Andi, Beritalima.com

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait