Peningkatan Kecakapan Public Speaking dan Personal Branding bagi Pengurus Kegiatan Siswa di SMA Dharma Wanita Surabaya

  • Whatsapp
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat PIKAT, Dr. Zainal Abidin Achmad, M.Si., M.Ed. menyerahkan piagam penghargaan untuk peserta pelatihan dan untuk sekolah

SURABAYA, beritalima.com | Sebagai salah satu SMA Swasta Unggul, SMA Dharma Wanita (SMADHANI) Surabaya terus melakukan upaya peningkatan kualitas para siswanya. Salah satu kegiatannya adalah membekali kemampuan pengurus Ekstrakurikuler, MPK dan OSIS dengan kecakapan Public Speaking dan Personal Branding.

Kebutuhan Smadhani tersebut sejalan dengan Program Pengabdian Masyarakat (Dimas) Pemanfaatan IPTEKS bagi Masyarakat (Pikat) oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur. Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dr. Zainal Abidin Achmad, S.Sos., M.Si., M.Ed. dengan anggota Drs. Juwito, M.Si. dan didampingi empat orang mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi alumni Smadhani, melakukan kegiatan Pelatihan Public Speaking Dan Personal Branding Bagi Pengurus OSIS, MPK, dan Ekstra Kurikuler di Lingkungan SMA Dharma Wanita Surabaya pada tanggal 8 dan 9 Juni 2021.

Kegiatan ini berlangsung secara hybrid, melalui aktivitas pelatihan daring (dengan zoom meeting) dan penyuluhan tatap muka dengan jumlah yang sangat terbatas (15 siswa dalam satu ruang berkapasitas 50 orang). Kegiatan daring lebih berupa penyampaian materi berupa penyuluhan.

Sedangkan kegiatan luring dilakukan sebagai sarana praktik.
Sebagaimana diakui oleh Kepala Sekolah Andik Anang Ishari, S.Pd., “Pandemi COVID-19 memang berpengaruh pada proses kaderisasi dan rekrutmen pengurus OSIS, MPK dan Ekstra kurikuler. Para siswa memiliki kualitas yang tidak sama, dan belum memiliki kemampuan public speaking dan personal branding yang memadai, sehingga membutuhkan upgrade skills.” Jika pembekalan hanya dilakukan oleh para Guru internal, terasa kurang memiliki dampak. Tetapi jika dilakukan oleh pihak perguruan tinggi, tentu akan berbeda.

“Secara kebetulan beberapa alumni Smadhani berhasil melanjutkan studi di PTN seperti UPN Veteran Jawa Timur, sehingga para alumni ini memiliki kepedulian untuk mempertemukan kepentingan Smadhani dengan Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi tujuan studi lanjut,” papar Ira Kaestiningtyas, alumni Smadhani yang saat ini menempuh Semester 6 di Program Studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur.

“Public speaking adalah salah satu sarana agar seseorang dapat meningkatkan kepercayaan dirinya. Dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka seseorang akan mengetahui potensi apa yang dimiliki di dalam dirinya sendiri. Hal ini bisa berkembang menjadi suatu keunikan atau ciri khas yang dimiliki oleh seseorang atau yang biasanya disebut dengan personal branding,” demikian penegasan dari Dr. Zainal Abidin Achmad, S.Sos., M.Si. Dengan mempelajari pentingnya personal branding, maka seseorang akan mudah dikenal oleh orang lain. Dan semakin kita mempunyai personal branding yang unik dan kuat maka kepercayaan diri kita juga akan ikut meningkat.

“Melalui kegiatan pelatihan ini, kami berharap seluruh lingkungan keorganisasian siswa di Smadhani menjadi semakin positif, kompetitif, sehat dan turut memajukan prestasi sekolah,” demikian harapan yang disampaikan oleh M.D. Rohadi, S.Si. guru Fisika yang menjadi pembimbing kegiatan kesiswaan di SMA Dharma wanita Surabaya.

(red)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait