Penumpang KA Mulai Ramai, KAI Daop 8 Surabaya Tambah 6 KA

  • Whatsapp

SURABAYA, berittalima.com | Jumlah penumpang kereta api (KA) mulai ada peningkatan. Karena itu, PT KAI Daop 8 Surabaya kembali menambah 6 KA Jarak Menengah/Jauh. 

Enam KA yang kembali dioperasikan pada Agustus 2020 ini, Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Jakarta Gambir (pp), KA Harina relasi Surabaya Pasarturi – Cirebon – Bandung (pp), KA Matarmaja relasi Malang – Pasar Senen (pp), KA Pasundan Surabaya relasi Gubeng – Kiracondong Bandung (pp), KA Wijayakusuma relasi Surabaya Gubeng – Cilacap (pp), dan KA Wijaya Kusuma relasi Surabaya Gubeng  – Ketapang (pp).

Dengan demikian, pada Agustus ini di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya ada 51 KA Penumpang yang beroperasi, terdiri dari 36 KA Lokal dan 15 KA Jarak Menengah/Jauh. Dalam kondisi normal sebelum pandemi ada 86 KA Penumpang yang terdiri dari 41 KA Jarak Menengah/Jauh dan 46 KA Lokal.

“Kereta Api tersebut kami operasionalkan lagi dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, setelah melihat minat masyarakat yang terus tumbuh untuk menggunakan transportasi kereta api,” ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Selasa (4/8/2020).

Dia sebutkan, selama Juli 2020 KAI Daop 8 Surabaya telah melayani 111.008 penumpang yang terdiri dari 20.993 penumpang jarak Menengah/Jauh dan 90.015 penumpang lokal. Jumlah tersebut naik 62,5 % dibandingkan dengan volume penumpang pada Juni 2020 yang sebanyak 69.426 penumpang yang terdiri dari 5.936 penumpang Jarak Menengah/Jauh dan 63.490 penumpang lokal.

Kenaikan volume penumpang tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat terus tumbuh terhadap layanan KAI yang dapat diandalkan di tengah pandemi. KAI menilai, peningkatan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti menghadirkan discount tiket, undian berhadiah, libur hari raya Idul Adha, penambahan jadwal perjalanan secara bertahap, dan hadirnya layanan Rapid Test Covid-19 dengan harga terjangkau di stasiun.

PT KAI  Daop 8 Surabaya bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) mulai 29 Juli 2020 menyediakan layanan Rapid Test Covid-19 seharga Rp85.000 di 3 stasiun pemberangkatan awal KA Jarak Jauh, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Malang. 

“Dengan adanya penambahan KA di Agustus ini kami berharap dapat meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Suprapto. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait