Peradi Surabaya Lantik 64 Advokat Baru, Dr Abdul Salam : Jaga Profesi Officium Nobile Ini

  • Whatsapp

SURABAYA – beritalima.com Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menggelar pelantikan 64 advokat baru di Hotel Santika, Premier Gubeng. Selasa (23/11/2021).

Pelaksanaan kegiatan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, sebelum pelaksanaan pelantikan seluruh peserta dilakukan pemeriksaan antigen.

Ketua DPC Peradi Surabaya Dr Abdul Salam SH MG menyatakan para dvokat ini merupakan angkatan ke-10 sejak tahun 2018 sampai sekarang. Para advokat ini sudah diangkat oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi dan saat ini dilakulan pelantikan di DPC.

“Usai pelantikan yang dilakukan hari ini, besok akan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah di Pengadilan Tinggi,” ujar Dr Abdul Salam.

Sebelumnya, pelantikan dan penyumpahan dilakukan bebarengan, namun karena kondisi lagi musim Covid-19 maka pelantikan digelar secara terpisah.

“Acaranya hari ini dan besok. Dilakukan dengan prokes yang ketat yakni dengan melakukan swab antigen,” ujarnya.

Lebih jauh Salam mengungkapkan, advokat adalah bagian dari pilar penegak hukum selain kepolisian, kejaksaan dan juga pengadilan. Jadi apa yang dilakukan advokat dilindungi oleh undang-undang.

“Keempat pilar ini memiliki kedudukan yang sama dan tidak ada satu yang lebih tinggi dari yang lainnya. Jika salah satu pilar patah, maka dapat dipastikan hukum tidak akan bisa berdiri tegak,” ungkap Salam.

Untuk para calon advokat yang saat ini sedang dilantik, Salam berpesan agar para juniornya tersebut dapat menjalankan profesinya sebagai dengan officium nobile dan juga kesadaran untuk selalu menghormati dan menjaga integritas dan kehormatan profesinya serta para seniornya.

“Pegang teguh kode etik advokat sebagai profesi mulia dan jaga tanggung jawab profesi,” pungkas Salam. (Han)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait