Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Ponsel Agar Tidak Menyesal

  • Whatsapp

Ponsel Anda rusak? Atau kinerjanya mulai melambat dan baterainya lebih cepat habis? Sepertinya Anda harus melakukan Lem Biru (Lempar dan Beli Baru). Istilah ini ramai dipakai ketika seseorang menyarankan orang lain untuk membeli ponsel baru karena yang sebelumnya sudah tidak berfungsi optimal.

Nah, Anda mungkin merasa sudah nyaman dengan ponsel yang dimiliki dan justru bingung jika harus membeli baru. Anda tidak tahu bagaimana harus menyimpan dan memindahkan data yang di dalamnya. Anda juga pusing karena brand ponsel saat ini sangat banyak seperti Oppo yang memiliki produk unggulan, salah satunya Oppo A53.

Namun, Anda pasti sadar kalau sekarang ini ponsel alias smartphone bukan lagi barang mewah. Ponsel merupakan kebutuhan yang menunjang aktivitas sehari-hari agar lebih maksimal. Ponsel ini membuat kita lebih mudah terkoneksi dengan keluarga ataupun pekerjaan. Tidak memiliki ponsel artinya Anda akan menjadi orang yang sulit dihubungi. Awas, Anda bisa melewatkan berbagai kesempatan.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, segeralah membeli ponsel baru. Berikut beberapa hal yang harus Anda pikirkan masak-masak ketika hendak membeli smartphone baru supaya tidak rugi dan menyesal. Simak bersama-sama yuk:

1.   Pilih yang Tahan Lama

Agar tidak direpotkan dengan kebutuhan untuk mengisi daya terlalu sering ketika ponsel terpakai, cobalah mencari ponsel yang kapasitas baterainya besar seperti 5.000 mAh atau 6.000 mAh sekalian. Ponsel-ponsel dengan baterai sebesar itu biasanya dapat digunakan hingga 12 jam lebih tanpa perlu men-charge.

Namun jangan lupa untuk memilih ponsel yang memiliki fitur untuk mencharge super fast juga. Hal ini akan memudahkan Anda yang tidak bisa menunggu terlalu lama atau mobilitasnya cukup tinggi sehingga waktu dianggap sangat penting. Semakin cepat pengisian baterai dilakukan, semakin banyak hal-hal yang bisa Anda selesaikan pada hari tersebut.

Hampir semua brand memiliki ponsel dengan fitur ini. Anda bisa memilih sesuai dengan kesukaan namun pastikan untuk membelinya melalui aplikasi Blibli ya.

2.   Pilih Kamera yang Mumpuni

Apakah Anda hobi selfie? Atau apakah Anda seorang konten kreator yang bidang pekerjaannya wajib memiliki ponsel dengan kamera berkualitas? Masalah kamera sebetulnya memang merupakan preferensi masing-masing.

Ada yang tidak terlalu membutuhkan kamera bagus, namun ada juga yang menganggap bahwa fitur ini sesuatu yang mutlak harus ada. Saat ini, kebanyakan ponsel memiliki kualitas kamera yang bagus dan jernih sehingga gambar yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

Kemudian, kamera yang terpasang pun ada di depan maupun belakang. Kamera depan sangat berfungsi untuk Anda yang suka sekali selfie. Namun biasanya, kualitas kamera belakang tetap lebih baik bila dibandingkan dengan kamera yang dipasang di depan.

3.   Ukuran Layar

Apakah Anda suka ponsel berlayar lebar? Atau Anda lebih nyaman dengan ponsel berlayar kecil? Jika membandingkan dengan jaman dulu, rata-rata ponsel memiliki layar dengan ukuran 3 inci. Namun saat ini yang terjadi adalah kebalikannya. Orang lebih suka dengan layar besar karena nyaman untuk mata.

Ponsel jaman now memiliki ukuran layar mulai dari 6 hingga 7 inci. Ponsel dengan ukuran tersebut biasanya memang masih bisa dimasukkan ke dalam saku atau kantong. Bahkan ada juga dompet yang berfungsi khusus untuk menyimpan ponsel.

Satu hal yang menjadi catatan, masalah ukuran ini sebaiknya sesuaikan dengan besar tangan jari-jari yang Anda miliki. Bagi Anda yang memiliki jari panjang dan tangan yang besar, ponsel berlayar 7 inci masih nyaman untuk digenggam. Namun bagi Anda yang jarinya kecil, ukuran 5,5 inci pun tampaknya sudah cukup untuk bisa beraktivitas dengan baik bukan?

4.   Performa

Tahukah Anda bahwa ada 3 komponen utama yang menyebabkan sebuah ponsel dapat bekerja dengan baik. Pertama adalah chipset. Kedua adalah RAM. Ketiga adalah penyimpanan internal. Pastikan bahwa Anda mengetahui tentang ketiga hal ini dengan baik.

Chipset berfungsi sebagai otak dari sebuah ponsel yang juga sumber tenaga utama. Sedangkan RAM, merupakan bagian yang sangat penting karena terkait dengan tugas untuk multitasking. Terakhir tentang penyimpanan internal.  Ini akan menjadi tempat Anda menyimpan aplikasi, lagu, foto dan berbagai file lainnya. Semakin besar, semakin banyak yang bisa Anda simpan.

5.   Harga

Terakhir dan paling penting tentu saja adalah harga. Sesungguhnya harga menjadi salah satu indikator kualitas sebuah ponsel. Semakin mahal harga ponsel yang Anda inginkan, artinya semakin bagus dan semakin tinggi spesifikasi dari ponsel tersebut.

Pada android sendiri sesungguhnya ada 3 kelas ponsel, mulai dari entry level, mid range, hingga flagship. Ketiganya tetap memiliki kelebihan masing-masing. Ponsel mid range tentunya punya fitur dan dalaman yang lebih bagus dibanding entry level.

Nah, setiap brand ponsel, seperti OPPO sebagai contoh juga memiliki produk dalam 3 level tersebut. Ada yang harganya sejutaan, ada juga yang hingga belasan juta. Pokoknya, selalu pastikan kebutuhan dengan kemampuan untuk membeli ya. Dan jangan lupa untuk melakukan pembelian melalui aplikasi Blibli.

Itu dia 5 tips yang perlu Anda ceklis ketika hendak membeli ponsel baru. Semoga bermanfaat!

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait