Perhatikan Tips Ini Sebelum Beli Ponsel Murah untuk Belajar Online

  • Whatsapp

beritalima.com | Dalam membeli ponsel untuk belajar online di masa pandemi ini bisa sedikit membingungkan. Ada banyak pilihan yang tersedia, mulai dari merk, tipe, spesifikasi dan juga harganya.

Banyak yang kemudian memilih membeli ponsel murah dengan alasan yang penting bisa dipakai anak belajar setiap hari. Well, tidak salah memang. Saat ini ada banyak produk ponsel murah yang juga sudah mumpuni untuk aktivitas belajar online.

Namun agar Anda tidak sampai beli ponsel murah yang murahan, perhatikan dulu tips berikut ini yuk!

  1. Pemilihan Chipset

Tips pertama yang perlu anda perhatikan dalam memilih ponsel pintar adalah processor yang digunakannya. Jika sebuah ponsel menggunakan chipset dengan spesifikasi yang rendah maka tidak heran jika ponsel tersebut memiliki kinerja yang lambat.

Anda bisa memilih chipset dengan merek ternama seperti Qualcomm, Snapdragon, Nvidia, Exynos dan MediaTek. Salah satu ponsel murah yang bisa menjadi pilihan adalah keluaran vivo yaitu vivo y30i yang menggunakan chipset Mediatek MT6765 Helio P35. Chipset tersebut cukup untuk kebutuhan belajar online dirumah.

Bagian prosesornya juga usahakan pilih yang punya clock speed tinggi minimal 1 Ghz. Selanjutnya pilih pabrikasi yang canggih, tentunya semakin kecil semakin canggih. Misalnya saja satuannya adalah 65nm, 45nm dan 12nm untuk ponsel vivo y30i tadi.

  1. Kapasitas RAM

RAM ini akan sangat berguna ketika anda menjalankan beragam aplikasi dengan waktu yang bersamaan. RAM yang dibutuhkan akan semakin besar jika Anda semakin banyak aplikasi yang digunakan dalam waktu yang bersamaan.

Dengan ponsel yang memiliki RAM yang besar, maka anda dapat menggunakan beragam aplikasi di ponsel tersebut dengans sangat baik tanpa hambatan. Tapi, jika anda salah dalam memilih RAM, salah satu akibatnya ponsel anda akan lemot bahkan mungkin membuka aplikasi zoom meeting untuk menghadiri kelas online akan terganggu.

Minimal anda memilih ponsel dengan kapasitas RAM 1 GB, tentunya lebih besar itu akan menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, sangat penting juga untuk memilih RAM dengan frekuensi yang tinggi. Tapi, sekarang sudah banyak beredar ponsel yang memiliki ram minimal 2GB sampai ke yang lebih tinggi.

  1. Perhatikan GPU yang Digunakan

Fungsi dari hardware ini adalah untuk kualitas grafis. Dengan anda memilih GPU yang berkualitas baik tentunya akan mendukung performa grafisnya. Misalnya saja untuk kebutuhan menonton video, tidak akan ada istilah lag lagi.

Selain lancar dengan memilih GPU yang tepat juga tentunya akan mendukung anda dalam hal tampilan grafis yang lebih baik, jernih dan mendetail. Minimal saat ini GPU yang harus anda pakai di ponsel untuk kebutuhan belajar online adalah Adreno jika processor menggunakan Snapdragon, Mali untuk Exynos dan MTK dan lainnya.

Ponsel untuk kebutuhan belajar online tentunya memerlukan clock speed GPU yang tinggi sekecilnya itu 500 Mhz. Tidak hanya itu saja, anda juga harus memilih GPU dengan jumlah core yang banyak.

  1. Perhatikan Display yang Digunakan

Salah satu komponen penting dalam sebuah ponsel adalah display atau layar. Hal ini karena layar adalah alat output yang berfungsi untuk menampilkan informasi di ponsel anda. Setinggi apapun spesifikasi ponsel yang dimiliki, jika memiliki kualitas layar yang jelek akan terasa percuma.

Pilihlah teknologi display terbaik dengan dilengkapi pelindung Super Amoled, IPS maupun TFT. Salah satu ponsel dengan harga murah yang menggunakan layar atau display IPS adalah produk dari vivo yaitu vivo y30i yang menggunakan layar IPS LCD 6.47″. Keren bukan? Jika anda tertarik dengan ponsel tersebut, anda bisa membelinya di Blibli.com dengan harga bervariasi.

Tidak kalah penting juga untuk memilih ponsel yang dilengkapi dengan pelindung layar dari Gorilla Glass, Dragontrail dan pelindung yang lainnya. Dengan pelindung tersebut akan membuat layar anda aman dari goresan.

  1. Perhatikan Media Penyimpanan Internalnya

Agar bisa memenuhi kebutuhan anda dalam hal multimedia, maka media penyimpanan sangat penting karena anda akan leluasa menyimpan beragam hasil rekaman video maupun foto. Tidak hanya itu, dengan media penyimpanan internal yang luas anda juga bisa dengan bebas memasang beragam aplikasi di ponsel anda nantinya.

Disarankan minimal media penyimpanan ponsel android saat ini adalah 16 GB dan ponsel murah dibawah 3 jutaan yaitu vivo y30i ini memiliki internal penyimpanan sebesar 64 GB. Dengan kapasitas seperti itu anda dapat install beragam game dan aplikasi yang lain.

  1. Kualitas Kamera

Ini adalah salah satu fitur wajib untuk ponsel yang akan digunakan untuk kebutuhan belajar online. Jika ponsel anda memilih kualitas kamera yang baik maka anda bisa belajar online di zoom dengan baik, karena gambar yang dihasilkan tidak akan buram.

Tentu saja dalam hal memilih kamera ada tips serta panduannya diantaranya adalah anda harus memilih ponsel dengan sensor kamera yang mumpuni, kedua kameranya memiliki fitur stabilization sehingga gambar yang dihasilkan tidak blur.

Berikutnya anda harus memilih kamera yang memiliki megapixel yang cukup besar, minimal 12 MP dan tentu saja lebih tinggi lebih baik.

  1. Kapasitas Baterai

Anda harus memilih baterai dengan minimal 2500 mAh, hal ini penting dikarenakan belajar online biasanya memakan waktu yang cukup lama. Tapi ponsel sekarang minimal kapasitasnya 3000 mAh dan ponsel vivo y30i memilih kapasitas baterai diatas minimal yaitu 5000 mAh, sehingga anda akan aman belajar online tanpa kehabisan baterai.

Satu hal penting tentang baterai adalah anda harus memilih ponsel dengan baterai yang memiliki fitur fast charging agar proses pengisian menjadi lebih cepat.

Nah, dengan memperhatikan tips-tips di atas Anda jadi bis amemilih ponsel mana yang terbaik untuk dibeli guna memenuhi kebutuhan belajar online dari rumah. Selama pandemi masih belum terkendali, belajar dari rumah jadi solusi belajar anak. Maka dari itu pilih ponsel terbaik untuk mendukung kegiatan ini ya.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait