Persiapan Musrenbang 2023, Walikota Madiun Sosialisasikan Petunjuk Teknis

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pembangunan di Kota Madiun, Jawa Timur, wajib berangkat dari usulan masyarakat. Salah satunya, melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Pasalnya, keberadaan Musrenbang penting untuk menjaring aspirasi masyarakat. Karena itu, Musrenbang harus berjalan optimal. Sosialisasi petunjuk teknis dilakukan sebelum Musrenbang 2023 untuk pembangunan di 2024.

‘’Prinsipnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan harus terus semakin ditingkatkan. Salah satunya, dari Musrenbang. Agar berjalan maksimal, kita berikan dulu petunjuk teknisnya,’’ kata Walikota Madiun, H. Maidi, saat sosialisasi untuk wilayah Kecamatan Taman di Lapak Plataran Mbiting Kelurahan Josenan, Selasa 13 Desember 2022.

Petunjuk teknis itu, lanjutnya, penting untuk menyeragamkan usulan dengan visi-misi pemerintah.

Walikota tidak ingin usulan masyarakat mubazir atau muspro. Karenanya, harus benar-benar skala prioritas dan manfaatnya langsung mengena masyarakat.

Dalam sosialisasi petunjuk teknis ini, juga menghadirkan ketua LPMK dan Lurah se-Kecamatan Taman. Mereka diharapkan meneruskan sosialisasi ke masyarakat masing-masing. Harapannya, masyarakat sudah memiliki rencana usulan untuk Musrenbang nanti.

‘’Pembangunan di Kota Madiun sudah bagus. Ini harus semakin ditingkatkan. Masyarakat juga harus ambil bagian,’’ ungkapnya.

Menurutnya lagi, partisipasi masyarakat terbukti baik untuk kemajuan Kota Madiun. Seperti usulan terkait perayaan Hari Jadi Kota Madiun.

Untuk diketahui, Kota Madiun tercatat dalam Rekor MURI terkait pemasangan Sambung Tuwuh dalam prosesi pernikahan adat Jawa terbanyak. Nah, masyarakat mengusulkan untuk membuat rekor baru dengan melibatkan masyarakat di kelurahan. Misalnya, dengan pembuatan tumpeng dari masing-masing kelurahan.

‘’Usulan-usulan dari masyarakat seperti itu perlu dan memang bagus. Kebetulan tahun depan ada anggaran Rp 5 juta per RT. Saya minta aturannya diperlunak agar bisa digunakan untuk kegiatan seperti itu,’’ harapnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kanan) atas.

beritalima.com

Pos terkait