Persiapkan Pendidik yang Kompeten, Abmas ITS Bersama SMKN 10 Surabaya Adakan Pelatihan Pemrograman Web

  • Whatsapp

beritalima.com | Tim Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abmas) dalam bentuk pelatihan pemrograman web menggunakan kerangka kerja Laravel di SMK Negeri 10 Surabaya. Kegiatan Abmas tersebut dibimbing oleh Dr. Ir. Siti Rochimah MT.,Ph.D., yang merupakan Dosen Teknik Informatika ITS.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Abmas ini dilaksanakan mulai dari pukul 08:00 WIB sampai 15:00 WIB yang diisi oleh 2 pemateri dari mahasiswa Teknik Informatika melalui aplikasi Zoom secara synchronous atau langsung. Kegiatan dihadiri oleh para tenaga pendidik SMK Negeri 10 Surabaya dari berbagai kompetensi bidang ilmu.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas tenaga pendidik di SMK Negeri 10 Surabaya dalam mengembangkan teknologi dan digitalisasi peningkatan ilmu pengetahuan yang berkembang pesat saat ini.
Rangkaian kegiatan pelatihan terangkum dalam beberapa sesi acara, yakni : pembukaan, 2 sesi materi dan praktik memprogram, sesi tanya jawab, serta penutup.
Sesi pertama, diberikan materi cara melakukan instalasi kerangka kerja Laravel dan praktek pemrograman autentikasi pada website yang dipandu oleh Annas Nuril Iman, Mahasiswa Teknik Informatika ITS.

Sesi kedua, diberikan materi tentang cara megkoneksikan website dengan basis data dan praktek pemrograman fungsi untuk memanipulasi basis data. Sesi kedua ini dipandu oleh Samsu Dhuha, Mahasiswa Teknik Informatika ITS.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung secara dua arah antara pemateri dengan tenaga pendidik SMK Negeri 10 Surabaya selaku peserta. Meskipun dilaksanakan secara daring, para peserta terlihat sangat antusias untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan. Disetiap pokok bahasan dalam materi, banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta. Beberapa kendala juga sempat dialami oleh panitia seperti susahnya akses untuk membantu kesalahan dalam hal pemrograman akibat dari pelatihan yang dilakukan secara daring.

Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pelatihan ini adalah terciptanya kerjasama antara ITS dengan SMK Negeri 10 dalam hal kerja praktik siswa-siswi SMK Negeri 10 Surabaya. Selain itu, pelatihan ini dapat membantu menghasilkan tenaga pendidik SMK Negeri 10 Surabaya yang berkompeten agar mampu mencetak lulusan yang berkualitas untuk menghadapi dunia kerja.
“Terima kasih kepada para Bapak Ibu Dosen, dan seluruh Panitia. Jangan bosan dan kapok untuk mengajari kami karena memang kita di sekolah perlu untuk penyelarasan juga dengan perguruan tinggi agar kami bisa mencetak lulusan-lulusan yang sesuai dengan keinginan di perguruan tinggi dan di dunia usaha dan industri. Jadi tidak selalu terpaku pada silabus yang ada.” Tutur Bapak Mario Gunawan, Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 10 Surabaya.

Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan kondusif dengan ditutup sesi foto Bersama. Hasil keluaran pelatihan ini ditunjukkan langsung oleh semua tenaga pendidik SMK Negeri 10 Surabaya yang berhasil membangun website sederhana dengan fungsi login, registrasi, dan fungsi create, read, update, dan delete (CRUD) di akhir pelatihan.

Untuk kedepannya kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan kembali dengan materi yang lebih advanced sesuai dengan kebutuhan dan tren teknologi yang berkembang di era digitalisasi saat ini.

(Penulis : Annas Nuril Iman, Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Foto bersama dengan para peserta dan panitia Abmas

Foto saat berlangsungnya materi dan praktek pemrograman web

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait