Prodi di FIS-H UNM Kerjasama MBKM dengan Prodi di FIS UNEJ

  • Whatsapp

MAKASSAR. Bertempat di ruang Senat FIS-H UNM, Kamis (1/7/2021), dilaksanakan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara program studi dalam lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) UNM dengan program studi di FISIP UNEJ.

Kegiatan yang dihadiri Wakil Dekan 1 FISIP UNEJ Prof. Dr. Zarah Puspitaningtyas, Dekan FIS-H UNM Prof. Dr. Jumadi, M.Si, wakil dekan, ketua jurusan, dan ketua prodi dari kedua fakultas, baik secara langsung maupun secara daring via zoom.

PKS yang ditandatangani dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu antara Prodi Sosiologi UNM dengan Prodi Sosiologi UNEJ.

Prodi Administrasi Bisnis UNM dengan Prodi Administrasi Bisnis UNEJ, Prodi Administrasi Negara UNM dengan Prodi Admninstrasi Negara UNEJ, dan Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNM dengan Prodi Administrasi Bisnis UNEJ.

PKS ditandangani oleh masing-masing Ketua Prodi dari FIS-H UNM, sementara prodi dari FISIP UNEJ diwakili oleh Wakil Dekan I FISIP UNEJ.

Wakil Dekan I FISIP UNEJ, Prof Zarah Puspitaningtyas mengatakan, antusias menyambut kegiatan, yang merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara kedua fakultas yang telah ditandatangai oleh masing-masing Dekan secara daring awal bulan Juni lalu.

Berharap PKS dapat ditindaklanjuti tidak hanya sebagai implementasi MBKM, seperti pertukaran mahasiswa, tetapi juga dalam pengembangan keilmuan, penelitian, dan pengabdian kepada masayarakat di antara dosen dari kedua fakultas, tegasnya.

Dekan, FIS-H, UNM, Prof Jumadi, mengatakan, kegiatan ini merupakan contoh best practice yang kita lakukan bersama, di mana MoU di antara kedua fakultas yang rasa-rasanya belum lama kita tandatangani, tetapi hari ini sudah bisa ditindaklanjuti oleh program studi dalam bentuk PKS.

Semoga PKS ini tidak hanya meningkatkan kualitas luaran, melalui pertukaran mahasiswa nantinya, tetapi juga meningkatkan kualitas tenaga dosen dari kedua fakultas melalui kegiatan-kegiatan kolaborasi.

Program MBKM yang diluncurkan Kemendikbud Ristek Dikti sejak tahun 2020, salah satu programnya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menempuh perkuliahan di luar prodi melalui 8 Bentuk Kegiatan Pembelajara (BKP), di mana salah satunya adalah pertukaran mahasiswa, baik di dalam maupun di luar perguruan tinggi.

Kaprodi S1 Sosiologi FIS-H, UNM,
Dr. Idham Irwansyah menambahkan, mendukung program MBKM dibutuhkan akselerasi prodi, melalui kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya prodi yang sama di perguruan tinggi lain.

Selain itu, untuk mendukung BKP lain, prodi dituntut untuk memperluas jejaring dan membangun kerjasama dengan pihak lain yang terkait, yaitu dunia industri, LSM, sekolah, pemerintah daerah, dan sebagainya.”

“Insya Allah prodi Sosiologi dan prodi lain di FIS-H UNM sudah siap mengimplementasikan MBKM dalam perkuliahan pada tahun ajaran 2021/2022 yang akan datang”, katanya.

Demikian siaran rilis dari FIS-H, UNM, memberitakan (sofian/yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait