Prodi Komunikasi Unismuh Gelar Kuliah Umum Datangkan Jurnalis Senior Berita Kota Makassar Andi Rustan

  • Whatsapp

MAKASSAR. Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar menggelar
Orientasi Akademik dan Ta’aruf Mahasiswa Baru 2021, Selasa 28 Septemqber 2021 di Mini Hall Fisip Lt.5 Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Pada acara penyambutan mahasiswa baru baru ini menggelar kuliah tamu dengan menghadirkan jurnalis senior Berita Kota Makassar Andi Rustan, SS, M.Pd dengan membawakan kuliah tentang konvergensi media di era dunia digital.

Wartawan senior ini menjelaskan proses konvergensi Berita Kota Makassar, satu berita dapat dipublikasi pada empat platfon media.

Pada kebijakan konvergensi media Berita Kota, satu berita akan di publikasikan pada Koran Cetak Berita, Portal Berita Kota Makassar, Video Berita Kota Makassar dan Youtube Berita Kota Makassar, kata magister pendidikan Bahasa Indonesia PPs-UNM ini.

Andi Rustan menantang maba Ikom 2021 untuk mengirimkan karya tulis bikin berita di media cetak, online dan video untuk dipublikasikan ke Berita Kota Makassar.

Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr.Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si, pada saat membuka acara mengingatkan para mahasiswa baru Ilmu Komunikasi 2021 jangan berlama lama di kampus dan cepat merampungkan jenjang studinya.

Dijelaskan berlama lama di kampus akan menjadi beban pelayanan di akademik dan mempengaruhi rasio dosen dan mahasiswa.

Mahasiswa berlama lama di kampus secara langsung akan menutup peluang lebih banyak mahasiswa baru ilmu komunikasi yang diterima setiap tahun ajaran baru.

Idealnya banyak mahasiswa yang masuk sebanding dengan jumlah mahasiswa yang keluar diwisuda, tegas Doktor Administrasi Publik PPs-UNM ini.

Prodi komunikasi sejak 2019 meraih akreditasi B dari BAN-PT dan secara signifikan peminat mahasiswa baru meningkat. Sebelum terakreditasi mahasiswa yang berminat hanya satu kelas.

Tetapi setelah terakreditasi B, peminat terus meningkat pada 2020 mencapai dua kelas dan 2021 bertambah jadi tiga kelas.

Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr.H.Muh Tahir, M. Si, dalam laporannya menyatakan jumlah maba Ikom 2021 mencapai 98 orang.

Maba itu berasal dari beberapa tempat ada dari Papua, Palu, Banjarmasin, Bima, Balikpapan, Kalimantan Utara, Sulbar dan Sulsel.

Para maba Ikom itu merapat informasi prodi Ilmu Komunikasi lewat media sosial dan informasi dari keluarga dan teman, kata Doktor Manajamen PPs-UMI Makassar ini.

Pada acara taaruf ini juga menampilkan karya seni dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi serta perkenalan para dosen dan aktifis kampus dari himpunan mahasiswa Ikom.

Saat, ini kekuatan sumber daya dosen Ilmu Komunikasi berjumlah 10 orang, dua berpendidikan doktor yakni (Muh Tahir dan Muhammad Yahya), tiga lanjut studi S3 yakni; Syukri, S.Sos, M.Si di Unpad Bandung serta
Dra.Diana Rina, M.Si dan Dian Muhtadiah Hamna, S.IP, M.I.Kom di PPs-Unhas.

Dua dosen alumni magister komunikasi UGM yakni, Warda, S.Sos, M.Si dan Indah Pratiwi M, S.Sos, MA. Tiga dosen alumni magister komunikasi Unhas yakni, Ahmad Syarif, S.Sos, M.I.Kom, Arni, S.Kom, M.I.Kom dan Indah Elza Putri, S.Sos, M.Si. (ulla).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait