Prodi Komunikasi Unismuh Makassar Akan Melatih Jurnalistik Online Bagi Warga di Desa Panciro Gowa

  • Whatsapp

MAKASSAR. Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, akan melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pelatihan Citizen Reporter Bagi Tenaga Penyuluh Desa Guna Memperkuat Kinerja Pusat Informasi Desa dan Kawasan di Desa Panciro Kecamatan Bajeng Gowa.
Program kegiatan yang akan dilaksanakan ini adalah  kerjasama dengan warga di Desa Panciro melakukan pelatihan jurnalistik online bagi warga di desa itu. 


Rencana kerjasama pelatihan jurnalistik online itu telah dibicarakan secara serius dengan Kepala Desa Panciro, Anwar Dg Malolo, Senin (7/9/2020) di rumah Kades  di  Desa Panciro Gowa.
Kades Panciro kesempatan itu didampingi Kasi Pemerintahan Desa Panciro, Fhadly, S.Sos dan tokoh masyarakat Panciro dan wartawan senior Drs.Darwis Jamal Takdir.
Tim dari PKM Prodi Komunikasi Unismuh Makassar hadir, Dr.Muhammad Yahya, M.Si, Syukri, S.Sos,M.Si, Warda, S.Sos, MA dan Ahmad Syarif, S.Sos, M.I.Kom.


Program pelatihan jurnalistik online bagi warga (citizen reporter), rencana akan dilaksanakan Sabtu 12 September 2020, diikuti warga utusan dari tiap dusun, karang taruna, remaja dan pemuda masjid, PKK, tenaga penyuluh yang ada di desa serta tokoh masyarakat lainnya.
Dosen Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Muhammad Yahya, kesempatan itu menegaskan, pelatihan ini guna memberi keterampilan jurnalistik online sehingga kegiatan yang dilaksanakan di desa dapat terekam dan meninggalkan jejak jejak rekam di online, tegas wartawan politik Harian Pedoman Rakyat Makassar pada masanya ini. 
Selama ini cukup banyak kegiatan dan program dilaksanakan di desa tetapi karena tidak terpublis di portal online,  sehingga tidak terekam dan tidak terlacak dan tidak terbaca pada dunia maya, ungkap doktor sosiologi politik PPs-UNM ini.


Kepala Desa Panciro, Anwar Dg Malolo, SE, merespon positif kegiatan pelatihan jurnalistik online ini karena akan lebih banyak warga desa yang akan memiliki keterampilan dalam membuat narasi pada berbagai kegiatan dan aktifitas masyarakat di desa.
Pemerintah Desa Panciro sudah cukup lama mendambakan kehadiran pusat informasi desa dan kawasan, agar kegiatan dan dinamika masyarakat akan terpublikasi secara sehat dan meluas, kata putra Panciro kelahiran 10 Pebruari 1976 ini.


Kehadiran program Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar, sangat membantu dan akan membagi keterampilan dalam pembuatan narasi berita kegiatan dan program desa, tandas mahasiswa S2 Manajemen PPs-Universitas Indonesia Timur ini. (darwis/nasrullah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait