Prodi Pemerintahan Unismuh dan Desa Buakkang Gowa Tandatangani Kerjasama Pendampingan dan Pengabdian Masyarakat

  • Whatsapp

GOWA. Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar telah menandatangani kerjasama dengan pihak Desa Buakkang Kecamatan Bungayya Kabupaten Gowa dalam hal penyelenggaraan pendampingan tata kelola desa dan pengabdian kepada masyarakat.

Naskah kerjasma kedua institusi itu di tandatangani oleh Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si bersama Kepala Desa Buakkang, H.Burhan Dg Bani, Senin Siang, 2 Agustus 2021 di Kantor Desa Buakkang Gowa.

Turut hadir menyaksikan penandatangan kerjasama itu, Wakil Dekan IV Fisip Unismuh Makassar, M.Amin Umar, S.Pd.I, M.Pd.I, Sekretaris Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fisip Unismuh, Rudi Hardi S.Sos, M.Si, Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan, Ahmad Harakan, S.IP,M.Hi, beberapa dosen dan mahasiswa serta para aparat pemerintah Desa Buakkang

Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si kepada media, Selasa siang, 3 Agustus 2021, mengatakan, penandatangan kerjasama ini bertujuan meningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia

Selain itu untuk berinteraksi multikultural bagi mahasiswa, dosen, pemerintah dan masyarakat dalam lingkup Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh dan Pemerintah Desa Buakkang Gowa melalui kerjasama dalam pendampingan tata kelola desa dan pengabdian kepada masyarakat, kata Korwil Sulawesi dan Indonesia Timur Asosiasi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AIPPTM) 2019-2023.

Kerjasama kedua institusi ini selama lima tahun dan akan dilaksanakan dalam bentuk pendampingan tata kelola desa oleh mahasiswa, dosen, serta pakar, tandas peserta Sandwich di Universitas Ohio USA 2009 ini.

Pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Desa Buakkang Gowa khususnya aparatur sipil negara pada jenjang pendidikan serta penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat, ungkap Dosen Berpretasi Unismuh Makassar 2017 ini.

Sebelum pelaksanaan penandatanganan kerjasama, telah dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar.

Kegiatan yang di Laksamana berupa Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Penguatan Civic Literacy dalam Mewujudkan Desa Anti Money Politic pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Buakkang Gowa, tegas asesor BAN-S/M Provinsi Sulsel sejak 2011 ini.

Kegiatan PKM LP3M Unismuh Makassar di Desa Buakkang denga Ketua Tim, Dr.Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si dengan anggota, M.Amin Umar, S.Pd.I, M.Pd.I dan Dr.Muhammad Yahya, M.Si.

Pada kegitan PKM ini menghadirkan dua nara sumber yakni dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar, Rudi Hardi S.Sos,M.Si dengan materi tentang money politic dari perspektif hukum. Nara sumber kedua Wakil Dekan IV Fisip Unismuh Makassar, M.Amin Umar, S.Pd.I, M.Pd.I dengan tema soal money politic dari perspektif Islam, kata doktor administrasi publik PPs-UNM ini. (ulla).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait