Ratusan Siswa SMA Sederajat Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kabupaten Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Setelah dinyatakan lolos mengikuti test wawasan kebangsaan dan seleksi intelijensi umum dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), ratusan siswa SMA, SMK dan Aliyah calon Paskibraka Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mengikuti test kesehatan, kesamaptaan dan parade PBB di halaman Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) setempat, Rabu 24 April 2024.

Dalam test kali ini, ada 254 peserta calon Paskibraka yang sudah lolos test wawasan kebangsaan dan intelegensi umum.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Madiun, Mashudi, mengatakan, pembentukan Paskibraka ini untuk memunculkan sekaligus mencari bibit bibit Paskibraka yang bernafaskan dan menyebarkan ideologi Pancasila.

“Harapan kami, Paskibraka tidak hanya penggunaannya saat hari Kemerdekaan nanti. Tapi mereka juga akan menjadi duta Pancasila untuk menanamkan ideologi Pancasila sejak dini,” terang Mashudi.

Pemerintah Kabupaten Madiun, lanjutnya, pada tahun ini menargetkan 78 peserta anggota Paskibraka.

Ditempat yang sama, Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Bakesbangpol Kabupaten Madiun, Krisbiyanto, mengatakan,
sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Perpres Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka dan Peraturan BPIP Nomor 3 Tahun 2022, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bertanggung jawab atas pelaksanaan Paskibraka.

“Dalam Perpres Nomor 51 Tahun 2022 disebutkan, bahwa program kegiatan pembentukan Paskibraka ada tiga tahapan. Pertama rekrutmen selesksi, kemudian pemusatan pendidikan dan pelatihan, dan pengukuhan,” ucapnya.

Dari sejumlah 314 siswa siswi yang mendaftar, paparnya, sebanyak 254 diantaranya telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, wawasan kebangsaan dan seleksi intelijensi umum.

“Dari semua peserta seleksi, akan ditetapkan sebanyak 78 siswa untuk mengikuti tahap selanjutnya. Yakni 76 sebagai pasukan Paskibraka, dan cadangan. Sedangkan dua terbaik, akan naik tingkat ke propinsi atau nasional,” pungkasnya. (Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait