Rektor Unesa Wisuda Ahli Madya, Sarjana, Magister, dan Doktor Periode 109

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Universitas Surabaya (Unesa) menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke-109 Sarjana dan Pascasarjana Tahun 2024, di Graha Unesa, Surabaya, Kamis (1/2/2024).

Dalam sambutannya rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan Program Doktor, Program Magister, serta Program Sarjana Universitas Negeri Surabaya Periode 109 Tahun 2024.

“Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT dan disertai rasa bangga, saya sampaikan selamat kepada seluruh wisudawan Program Doktor, Program Magister, serta Program Sarjana Universitas Negeri Surabaya Periode 109 Tahun 2024,” ujarnya.

‘Pada hari ini, Saudara menyandang sebuah gelar akademik baru dari Unesa, sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi yang telah berhasil Saudara raih. Dengan menyandang gelar baru tersebut, Saudara kini mengemban tanggung jawab baru yang lebih tinggi, untuk bisa berkiprah dan memberikan sumbangsih kepada almamater, masyarakat, dan bangsa Indonesia,” papar Prof Nurhasan.

Prof Nurhasan mengungkapkan bahwa proses untuk menyelesaikan studi tidaklah mudah. Membutuhkan kerja keras, ketabahan, kesabaran, dukungan moral dan doa dari segenap keluarga, namun berhasil menghadapi tantangan tersebut.

“Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini kita patut sama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya kepada kita semua. Kali ini kita mengambil tema “Wisudawan Unesa Berintegritas, Berwawasan Budaya dan Berbudi Luhur serta Siap Berkontribusi untuk Pembangunan Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini diangkat sebagai wujud nyata Visi Unesa PTN BH dalam berkontribusi kepada bangsa dan negara, melalui penyiapan calon-calon pemimpin bangsa guna menyongsong Indonesia Emas 2045,” sambungnya.

Untuk menghasilkan calon-calon pemimpin bangsa ke depan, Unesa berupaya menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, inovatif, dan adaptif terhadap perubahan yang mampu mendukung pembangunan bangsa. Komitmen Unesa untuk mencetak pemimpin-pemimpin bangsa ini, diwujudkan sejak rekrutmen mahasiswa baru. Salah satunya, melalui seleksi masuk jalur talenta kepemimpinan Ketua OSIS, jalur prestasi, dan jalur hafid Quran.

Unesa juga berupaya menjadi agen perubahan atas segala persoalan yang di hadapi bangsa Indonesia, dengan mengembangkan program studi baru yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan pembangunan, antara lain dengan membuka Pendidikan Profesi, Program RPL, dan Prodi Unesa di Kampus Magetan.

“Silahkan Bapak/Ibu yang tinggal di daerah Karesidenan Madiun memiliki putra-putri ingin berkuliah di Unesa tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya, bisa mendaftar ke Unesa Kampus Magetan mulai tahun akademik 2024 ini. Sejak ditetapkan sebagai PTN BH, Unesa semakin di percaya sebagai salah satu pilihan untuk studi lanjut. Tahun 2023 peminat masuk Unesa mencapai 70 ribuan, sementara yang diterima sebanyak 20 ribuan (28%). Karena itu, saya berharap para wisudawan dapat menjadi duta untuk mempromosikan Unesa, dengan mengajak sahabat, kerabat untuk mendaftar menjadi calon mahasiswa Unesa,” tandasnya.

Prof Nurhasan juga berpesan agar setelah lulus, wisudawan akan menjadi bagian alumni Unesa. Karena itu, rektor Unesa menitipkan pesan untuk semua agar jangan pernah berhenti untuk terus belajar. Sebab, masa depan hanya bisa diraih oleh orang-orang yang mempunyai motivasi belajar tinggi. Tampillah penuh percaya diri, pribadi yang tangguh, tetapi tetap rendah hati dan bijaksana, seperti nasihat orang tua.

“Jadilah seperti padi, semakin berisi semakin merunduk, semakin berilmu semakin merendah. Jangan jadi seperti ilalang, makin lama semakin tinggi. Hal ini bermakna, kita tidak boleh bersikap sombong atas ilmu yang kita miliki. Karena di atas langit masih ada langit. Terus junjung tinggi nama baik almamater. Sebab, kompetensi lulusan Unesa tidak diragukan lagi ditengah masyarakat, seperti halnya lulusan Perguruan Tinggi yang lainnya, namun yang terpenting harus menjaga Akhlaqul karimah atau moralitas di masyarakat dan keluarga.
Biasakan mendoakan orang-orang yang punya peran besar dalam mewujudkan cita-cita kalian, terutama orang tua, dosen atau guru. Hormati dan muliakan orang tua, karena mereka telah banyak berkorban baik moril maupun spirituil. Kesuksesan seorang anak merupakan kebanggaan orang tua, meski belum sepadan dengan pengorbanan mereka. Begitu juga selalu berdoa untuk para guru dan dosen yang telah mendidik dan mengajar ilmu dan hikmah sehingga Saudara bisa menggapai kesuksesan dalam hidup,” tukasnya.

“Saya doakan semoga wisudawan segera dapat pekerjaan, segera bisa berkarya untuk meraih masa depan yang lebih baik. Tetaplah optimis, rencanakan masa depan dengan baik, karena masa depan yang baik adalah masa depan yang kita persiapkan. Tekuni pekerjaan yang sesuai panggilan hati. Karena jika kita bekerja dilandasi rasa senang, hasil pekerjaan akan maksimal.
Keberadaan alumni memiliki peran strategis dalam membesarkan Unesa,” lanjutnya .

“Saya berharap para alumni memiliki kepedulian untuk kemajuan almamater. Selamat bergabung menjadi anggota IKA Unesa, semoga kita bisa berkolaborasi dengan dilandasi semangat “Satu Hati Mewujudkan Unesa Satu Langkah Didepan”.
Sebelum menutup sambutan ini, saya ingin membacakan pantun. Manuk emprit, cepat terbangnya,
Terbang tinggi menuju Surabaya,
Hari ini kita semua berbahagia,
Bisa lulus kuliah dari Unesa.
Manuk emprit makan padi,
Padi dimasak menjadi nasi.
Setelah di wisuda hari ini,
Semoga sukses dan berprestasi,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait