Relawan TIK Surabaya dan Kominfo Lanjutkan Roadshow Literasi Digital

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Tim relawan TIK Surabaya dan Kominfo melanjutkan roadshow literasi digital di hari ketiga dengan menyasar tiga universitas dan satu SMK di kota Pahlawan.

Seperti yang digelar di SMK Tanwir Surabaya, sekitar seratus siswa sekolah tersebut terlihat antusias mengikuti literasi digital dengan tema etika pelajar di dunia maya Rabu (20/3/2024).

“Kita mau sharing bahwa dengan media digital sekarang ini, keamanan digital penting di perhatikan dan perubahan kehidupan karena tantangan jaman era digital ini membutuhkan pengetahuan tentang keamanan dalam berselancar di dunia maya,” ucap pengurus TIK Salman Alfarisi.

Salman menjelaskan, Gen-z saat ini kurang memperdulikan tentang keamanan data pribadi juga hal hal kecil yang harus diperhatikan saat berinteraksi dengan dunia media sosial, hal kecil yang harus diperhatikan mulai dari keamanan password email, password media sosial lainnya untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan pastinya, karena semakin maraknya penipuan di dunia media sosial.

Salman juga menyebutkan hal hal lain untuk menjaga diri dan membentengi diri di dunia maya, seperti halnya saling tukar password media sosial dengan pacar bahkan sampai fenomena video sleep call di kaum remaja.

“Sangat tidak dianjurkan mengenai hal yang biasa dilakukan anak jaman sekarang, apalagi video call sleep dengan berlandaskan cinta sangat berbahaya,” tuturnya disambut gelak tawa siswa SMK Tanwir Surabaya.

Di roadshow literasi digital Surabaya turut menghadirkan Ika Chairani dan Chusni Amaludin yang merupakan Wakasek SMK Tanwir sebagai pemateri.

Kegiatan serupa juga digelar relawan TIK di Universitas Telkom Surabaya yang mendatangkan pemateri Mochamad Nizar Palefi, Novianto Puji Raharjo dan Ucik Rochmayanti, sedangkan di Unitomo Surabaya diisi oleh Rossi Rahardjo, Reiza Praselanova dan Riesta Ayu Oktarina dan UINSA Surabaya diisi pemateri Dinda Lisna Amilia, Hani Purnawanti dan Muhajir Sulthonul Azis yg merupakan ketua Relawan TIK Surabaya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait