Remaja Masjid Al-Muhajirin Pilanjau Berau Kaltim Gelar Bazar Takjil Ramadhan

  • Whatsapp

Citizen Reporter

Laporan: Ira Riswana
Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Unismuh Makassar

BERAU. Menjalani bulan suci Ramadhan 1443 H, Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Al-Muhajirin Pilanjau Kabupaten Berau Kaltim kembali menggelar bazar takjil Ramadhan, bertempat persis di depan Masjid Al-Muhajirin.

Persiapan bazar ini seperti terlihat Rabu 13 April 2022, dimulai usai salat Ashar, para penjual makanan dan minuman pembuka puasa di kampung Pilanjau menyerahkan jualan takjilnya kepada para anggota remaja masjid itu dijajakkan pada acara bazar sepanjang puasa Ramadhan.

Sebelumnya para penjual takjil ini biasanya menjajakkan jualannya di rumah masing masing. Tetapi semenjak ada bazar digelar anak IRMA para penjual menyerahkan makanan dan kue dan minuman takjil mereka.

Pada bazar ini kue dan minuman yang dijual anak IRMA bukan hanya berasal dari satu penjual, namun dari berbagai penjual makanan di kampung itu.

Adapun jenis takjil yang dijual di antaranya, cendol, es buah, barongko, pisang goreng, pisang ijo dan beragam jenis lainnya dengan harga cukup terjangkau di kampung itu.

Usai buka puasa anak IRMA menyerahkan hasil penjualan kue dan minuman pembuka puasa kepada pemilik jualan takjil.

Kemudia jika ada sisa makanan dan minuman yang tidak laku terjual akan disumbangkan atau dimakan oleh para anak IRMA yang tinggal di masjid untuk buka bersama.

Walaupun ada juga makanan dan minuman buka puasa untuk jamaah masjid yang disiapkan ummat sekitar Masjid Al-Muhajirin secara bergiliran dari setiap rumah tangga.

Bazar yang digelar anak IRMA bertujuan agar para pembeli tidak repot dan sulit mencari takjil kesana kemari, serta para penjual juga tidak sulit menjual dan saling iri dengki antar sesama penjual takjil.

Bagi anggora IRMA agar sesama mereka dapat, lebih mempererat kebersamaan serta mendapatkan pengalaman masing masing. ***

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait