Resmi Jadi Dirut Bank Jatim, Busrul Iman Berdoa Semoga Amanah

  • Whatsapp
Busrul Iman saat disumpah sebagai Direktur Utama Bank Jatim, Kamis (23/7/2020).

SURABAYA, beritalima.com | Busrul Iman akhirnya terpilih sebagai Direktur Utama Bank Jatim. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 2020 Bank Jatim di Kantor Pusat di Surabaya, Kamis (23/7/2020), pria yang sebelumnya menjabat  Direktur Komersial dan Korporasi Bank Jatim  tersebut berhasil mendapatkan suara terbanyak dibandingkan seorang kandidat lainnya, Erdianto Sigit Cahyono, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jatim. 

Dengan adanya pengangkatan Direktur Utama secara definitif ini, Bank Jatim kedepan diharapkan dapat lebih baik lagi. Busrul Iman diharap mampu meningkatkan kinerja Bank Jatim, dimana hingga Mei 2020 aset Bank Jatim tercatat sebesar Rp 72,36 triliun atau tumbuh 9,69 % (YoY).

Dari segi bisnis, kredit Bank Jatim saat ini telah mengalami pertumbuhan 12,07 % (YoY) atau sebesar Rp 38,96 triliun, sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 10,76 % (YoY) atau sebesar Rp 61,36 triliun.

Pertumbuhan performa kinerja keuangan Bank Jatim yang cukup bagus tersebut mampu menjaga rasio keuangan Bank Jatim posisi Mei 2020 di tingkat yang wajar. Return on Equity (ROE) sebesar 18,25% menunjukkan rasio profitabilitas Bank Jatim masih cukup bagus.

Dari sisi ketahanan modal, rasio CAR sebesar 21,61 % menggambarkan kecukupan modal Bank Jatim cukup bagus, diikuti dengan Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,88 %, ROA sebesar 2,60%, serta tingkat efisiensi yang cukup bagus dilihat dari rasio BOPO sebesar 70,71%. Dengan catatan kinerja tersebut, Bank Jatim mampu mencatatkan laba bersih sebesar Rp 608,22 miliar.

Di tengah pandemi Covid-19 ini Bank Jatim patut bersyukur karena masih mampu memberikan kinerja yang positif, khususnya dalam mendorong perekonomian Jawa Timur.

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, Bank Jatim telah menyalurkan bantuan dengan total akumulatif sebesar Rp 4,4 milyar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Selama pandemi corona melanda, nasabah yang berada di rumah dapat memanfaatkan layanan e-channel Bank Jatim untuk melakukan transaksi perbankan. Melalui fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman tanpa harus keluar rumah. 

Kemudahan juga diberikan Bank Jatim untuk nasabah dalam pengajuan kredit atau pembiayaan. Selama ini Bank Jatim telah memiliki e-form kredit yang memudahkan nasabah dalam pengajuan kredit. Calon nasabah cukup dengan melakukan registrasi melalui portal e-form kredit, kemudian Bank Jatim akan mengirimkan notifikasi melalui sms. 

Selain itu Bank Jatim juga telah memiliki fasilitas kredit multiguna elektronik (e-kmg) yang dapat dimanfaatkan nasabah. Fasilitas ini merupakan pengembangan kredit multiguna yang sudah ada sebelumnya. Kali ini e-kmg menyajikan kemudahan dalam mengajukan permohonan kredit baik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.

Beberapa keunggulan dari e-kmg antara lain kemudahan dalam pengajuan kredit melalui mobile application. Selain itu nasabah cukup memiliki rekening dan payroll gaji yang terdaftar di Bank Jatim. 

Terpilihnya Busrul Iman sebagai Direktur Utama Bank Jatim ini sebelumnya telah melewati Penilaian Kemampuan dan Kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam sambutannya Busrul Iman mengucapkan terimakasih pada para Pemegang Saham dan yang lain atas kepercayaan yang diberikan padanya. “Semoga saya bisa menjalankan amanah dalam membawa Bank Jatim ke arah yang lebih baik,” ucap Busrul Iman. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait