Review & Renew….. RobertoNews : Test DNA Untuk Apa?

  • Whatsapp

Test DNA semakin familier kita dengar via media elektronika seperti siaran TV Nasionaln menyebutkanTest DNA untuk identifikasi kasus pesawat Lion JT 610 yang jatuh memakan korban 189 orang di perairan Krawang  juga pesawat AirAsia QZ 8501 yang jatuh di perairan dekat Pangkalan Bun memakan korban 155 dan 7 awak kapal selain nenemukan korban yang sudah tak bisa dikenali wajah karena tenggelam di dasar laut untuk mengetahui identitas korban salah satu cara yang paling akurasi adalah test DNA!Hal lain bisa membantu menentukan siapa bapak kandung dari anak yang dilahirkan dari hubungan gelap itu serta berbagai penyakit bawaan yang sulit terdekteksi..! Contoh  kasus pembuktian anak Mayang Sari, pembunuhan berantai Ryan, kasus bom JW Marriot dan Ritz Carlton, serta kasus perburuan teroris Noordin M Apa itu DNA ?DNA adalah singkatan dari deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika. DNA inilah yang menentukan jenis rambut, warna kulit dan sifat-sifat khusus dari manusia. DNA membentuk materi genetika yang terdapat di dalam tubuh tiap orang, yang diwarisi dari kedua orang tua.

Di dalam inti sel, DNA membentuk satu kesatuan untaian yang disebut kromosom. Setiap sel manusia yang normal memiliki 46 kromosom yang terdiri atas 22 pasang kromosom somatik dan 1 pasang kromosom sex (XX a XY)Setiap anak akan menerima setengah pasang kromosom dari ayah dan setengah pasang kromosom lainnya dari ibu sehingga setiap individu membawa sifat yang diturunkan baik dari ibu maupun ayah Metode yang digunakan dalam tes DNA adalah dengan mengidentifikasi fragmen-fragmen dari DNA itu sendiri. Atau secara sederhananya yaitu metode untuk mengidentifikasi, menghimpun dan menginventarisir file-file khas karakter tubuh. Test  DNA atau tes genetika adalah prosedur yang digunakan untuk mengetahui informasi genetika seseorang.

Dengan tes DNA, seseorang bisa mengetahui garis keturunan dan juga risiko penyakit tertentu.  Test DNA ini juga dikenal: dengan :1.Test  Genetik Molekular untuk mendeteksi mutasi pada untai DNA pendek atau DNA tunggal.2.Test Genetik Kromosom, yaitu analisis kromosom atau untai DNA yang panjang untuk mengevaluasi penyebab kelainan genetik.  Siapa yang wajib dilakukan Test DNA?1.menganalisis mutasi genetik pasien, sehingga hasilnya juga akan berpengaruh pada anggota keluarga pasien, yang kemungkinan memiliki komposisi genetik yang sama.2.Keluarga yang lebih rentan menderita penyakit tertentu sebaiknya menjalani tes DNA. Hasilnya akan sangat penting untuk menentukan anggota keluarga yang beresiko terkena penyakit dan membantu mereka mengubah gaya hidupnya.3.

Orang yang mungkin memiliki penyakit bawaan dan berasal etnis tertentu yang lebih beresiko terkena penyakit tertentu juga dapat menjalani tes DNA.4. Kesulitan mendiagnosis gangguan kesehatan tertentu dapat menyarankan pasiennya untuk menjalani tes DNA.agar dapat membuat rencana pengobatan yang efektif.5.Wanita yang mengandung janin yang beresiko terkena penyakit tertentu juga sebaiknya menjalani tes DNA untuk mengetahui penyakit yang dapat mengganggu perkembangan bayi TEST DNA MENBERIKAN HASIL SBB:1.Hasil yang positif dapat memastikan diagnosis dokter atau resiko pasien terkena penyakit bawaan. Ini juga berarti pasien memang memiliki mutasi DNA. Namun, tes DNA tidak dapat mengetahui tingkat keparahan penyakit atau prognosisnya.2.Hasil yang negatif menunjukkan bahwa tidak ada mutasi atau perubahan di sampel DNA, Ini berarti bahwa pasien bukanlah carrier (memiliki organisme menular), beresiko, atau menderita penyakit tertentu.3.Hasil yang tidak jelas dan ambigu, di mana perubahan DNA tidak berkaitan dengan penyakit tertentu. Bila hal ini terjadi, pasien biasanya perlu menjalani tes tambahan untuk mendapatkan hasil yang jelas.JARINGAN TUBUH YANG BISA DILAKUKAN TEST DNA1.Darah 2.Air ketuban dari rahim wanita hamil3.Jaringan dari bagian atau organ tubuh tertentu4.Swab sample dari bagian dalam pipi5,Sampel lain, seperti rambut, kulit, atau cairan tubuh Ada 5 test DNA yang tidak terlibat kasus Hukum1. Tes DNA untuk mengetahui risiko kanker prostatTes DNA ini dilakukan dengan menganalisis lima varian genetik pada air liur. Sebuah studi pada New England Journal of Medicine menemukan bahwa pria dengan empat dari lima varian memiliki risiko kanker prostat 450 persen lebih tinggi ketimbang pria lainnya.2. Tes DNA untuk menentukan garis keturunan (ayah atau ibu)Tes ini menjanjikan dapat memberikan hasil yang pasti tentang identitas orangtua si anak (baik ayah atau ibu) dalam 3 sampai 5 hari.3. Tes DNA untuk mengetahui penyakit AlzheimerTest ini mencari varian gen yang dikenal sebagai APOE dan terkait dengan penyakit Alzheimer. Tapi kelemahannya, tidak semua pasien Alzheimer membawa varian gen ini. Selain itu, risiko Alzheimer juga dapat diketahui dari faktor usia, jenis kelamin, etnisitas dan riwayat keluarga.4. Tes DNA untuk mengetahui berbagai penyakit degeneratifTest  ini menjanjikan bisa mengetahui kerentanan dari 18 penyakit, muali dari serangan jantung sampai dengan diabetes tipe-2 (diabetes karena gaya hidup) dan kanker usus.5. Tes DNA untuk mendeteksi kebotakanTes ini menjanjikan akan mencari varian genetik yang terkait dengan 95 persen kebotakan pria, terutama pada usia di atas 40 tahun. Kehadiran varian gen menunjukkan peningkatan risiko, tetapi tidak selalu menjamin terjadinya kebotakan.MANFAAT TEST DNA UNTUK PENEGAKAN

HUKUM 1.Mengetahui status anak dalam keluargaBila ayah memiliki kecurigaan pada status anaknya, ia dapat meminta dilakukan tes DNA terhadap si anak. Yang dijadikan sampel adalah jaringan tali pusat .2. Urusan Imigrasi dan KewarganegaraanOrang Indonesia yang menikah dengan warga Negara asing dan berniat memboyong anak mereka pindah ke luar negeri harus memperlengkapi diri dengan hasil tes DNA yang membuktikan bahwa benar anak tersebut merupakan anak biologis mereka. Tujuannya untuk menghindari praktik perdagangan anak atau masuknya anak dengan cara illegal.3. Solusi kasus bayi tertukarKasus bayi tertukar kebanyakan disebabkan kelalaian atau kecerobohan para penyedia jasa kesehatan. Kecurigaan orangtua dibuktikan dengan tes DNA untuk memastikan identitas bayi yang sebenarnya4. Mengidentifikasi korban bencana/perangBencana alam dalam skala besar ataupun perang hebat terpisah dengan keluarga n mencegah perdagangan anak, diperlukan bukti genetic5. Mengidentifikasi korban maupun pelaku suatu tindak kejahatanSeperti mengidentifikasi korban AirAsia tenggelam tak kenal wajah n body, maka dilakukan pemeriksaan DNA dapat memudahkan mengidentifikasi korban .6. Mencari Silsilah keluargaUntuk mencari kebenaran mengenai siapa keturunan orang tertentu. Hal ini dimungkinkan karena ada bagian pola DNA yang diturunkan ayah kepada anak, cucu, cicit dan seterusnya yang berjenis kelamin laki-laki.7. Untuk Identitas DiriMemiliki identitas DNA sudah menjadi kesadaran sebagian orang. DNA ID dimiliki terutama untuk memudahkan pencarian dan identifikasi sekiranya mereka mengalami kecelakaan.8. Identitas untuk hewan langkaDNA ID juga dapat diberlakukan bagi hewan langka seperti ikan arwana siper red, yang tidak boleh diperjualbelikan ataupun dimiliki tanpa surat-surat resmi. DNA ID dalam bentuk chip bisa ditanam di bagian kepala hewan. Dengan begitu keaslian sertifikat kepemilikan hewan langka dapat dibuktikan.KESIMPULAN :1.Semua sel tubuh mengandung DNA kecuali sel darah merah karena tidak mengandung Inti sel. Pemeriksaan DNA sample berasal dari rambut, air ludah,gigi dan tulang.Pada kasus tenggelam sample diambil dari gigi maupun tulang.2.Dengan melakukan tes DNA, maka bila seseorang mengetahui bahwa ia rentan terhadap penyakit tertentu, secara teoritis ia akan melakukan usaha pencegahan, seperti mengontrol pola makan atau melakukan pemeriksaan rutin.3.Dengan melakukan tes DNA, maka bila seseorang mengetahui bahwa ia rentan terhadap penyakit tertentu, secara teoritis ia akan melakukan usaha pencegahan, seperti mengontrol pola makan atau melakukan pemeriksaan rutin.Pemeriksaan DNA bukan Cuma untuk mengungkap garis keturunan juga mengungkapkan tabir kejahatan dan berbagai penyakit lainnya.4.Test DNA berhasil mengungkapkan hasil bayi hubungan gelap. Tuhan itu adil,Bila berbuat harus berani tanggungjawab.Jangan mau enaknya ,karma ada dibelakang ollalaSekilas info,semoga  bermanfaatRobertoNews 733 : 《25 .11.18(20.33)》

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait