Road to Piala Dunia, Piala Wali Kota Surabaya Siap Digelar di GBT dengan Penonton

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com| Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur bakal menggelar turnamen sepak bola Piala Wali Kota Surabaya sebagai langkah road to Piala Dunia. Event yang direncanakan pada bulan Juni 2022 ini juga sebagai salah satu test event menjelang Piala Dunia.

Wali Kota Eri Cahyadi menyambut antusias rencana gelaran Piala Wali Kota Surabaya itu. Sebab, menjelang tuan rumah Piala Dunia 2023, masyarakat Surabaya harus dipanasi dengan event-event sepakbola yang berkualitas.

“Kalau kemarinnya dengan Mas Azrul (Presiden Persebaya) bicara soal trofeo, saat ini kami bicara soal Piala Wali Kota Surabaya. Insyallah kita gelar di Bulan Juni 2022,” kata Wali Kota Eri seusai bertemu dengan rombongan dari PSSI Jatim di ruang kerja Balai Kota Surabaya, Jumat (22/4/2022).

Menurut Wali Kota Eri, event ini untuk menggelorakan road to piala dunia 2023, sehingga gaungnya dimulai dari sekarang hingga gaungnya atau puncaknya di tahun 2023. “Jadi, pada prinsipnya ini langkah kami menuju Piala Dunia 2023, sekaligus uji coba atau ngetes ketika ada penontonnya, sehingga nanti diharapkan semakin siap menghadapi Piala Dunia,” tegasnya.

Seusai rencana, event ini akan memperbolehkan ada penontonnya, sehingga para penggemar sepak bola Indonesia, khusus Surabaya bisa kembali lagi ke tribun. Namun begitu, ia mengakui bahwa kuotanya masih menunggu asesmen dan ketentuan dari pemerintah pusat.

“Kami sih inginnya 75 persen penontonnya, tapi kalau diminta 25-50 persen ya kami siap lakukan,” katanya.

Turnamen yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo ini direncanakan diikuti oleh empat tim yang musim depan berlaga di kompetisi Liga 1. Empat tim ini sudah diajak komunikasi oleh PSSI Jatim.

“Ada Persija, PSIS Semarang, dan Persis Solo kami jajaki ikut. Secara lisan sudah menyatakan kesiapannya, tentu saja Persebaya sebagai klub kebanggaan masyarakat Surabaya tentu harus tampil di kandangnya yang megah,” kata Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin usai bertemu dengan Wali Kota Eri Cahyadi.

Sebenarnya, rencana untuk menggelar event ini sudah lama dibicarakan, dan baru bisa dihelat pada 1-11 Juni 2022. Ia juga memastikan bahwa seluruh pertandingan akan disiarkan secara live di salah satu televisi nasional.

“Pak Wali menyambut baik turnamen Piala Wali Kota ini sebagai rangkaian Road to World Cup 2023 nanti yang akan digelar di Gelora Bung Tomo. Insyallah kami sudah siap menyambut even Piala Wali Kota Surabaya ini,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait