RobertoNews : Bahaya mana “Hyperthyroid VS Hypothyroid “

oleh -172 views

beritalima.coom | Masyarakat kira selalu beranggapn sama antarz penyakit Gondok dan Penyakit Gondongan Penyakit Gondok adalah gangguan pada Hormon T3 & T4 dan Jodium, Kalau Penyakit Gondongan disebut Parotitis Epidemica adalah bengkak di samping pipi kiri kanan akibat infeksi virus.

Gondok adalah sebuah organ tubuh yang terpenting diantara organ jantung,otak,liver dan Ginjal Maka penyakit Gondok ini jangan diremehkan bisa membawa efek yang besar bagi kesehatan kita. Penyakit gondok ada 2 jenis yakni Hiperthyroid dan Hypothyroid.
Sering kali terjadi kekeliruan untuk membedakan mana Hyperthyroid dan mana Hypothyroid. Ada yang berpedoman bila T3 & T4 TINGGI maka dikatakan Hyperthyroid sebaliknya T3 &T4 RENDAH dianggap sebagai Hypothyrpid.

Untuk membedakan kedua perbedaan kami ajak saudara membahas topik ini………..
Di Indonesia terdapat banyak daerah yang menunjukkan adanya defisiensi yodium. Zat ini berperan dalam membangun fisik dan mental manusia. Mereka yang menderita defisiensi yodium memperlihatkan gambaran klinik pembesaran kelenajr gondok.
Penyakit gondok endemik banyak dijumpai di darah pegunungan atau dataran tinggi karena kurang mengandung zat yodium Hingga saat ini angka gondok nasional masih mencapai 9,8%, jauh di atas standar WHO yang mensyaratkan angka gondok di bawah 5% khusus propinsi Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Barat, angka gondok bahkan mencapai 30% atau lebih.


KELENJAR G9NDOK !
Kelenjar tiroid ( kelenjar gondok) adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. terletak di leher, tepat dibawah jakun, dengan diameter sekitar 5 cm. Kedua bagian tiroid dihubungkan oleh ismus, sehingga bentuknya menyerupai huruf H atau dasi kupu-kupu Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gr posisinya dileher depan bagian tengahdan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Apa fungsi kelenjar Gondok :
Fungsi kelenjar tiroid yaitu menghasilkah 2 jenis hormon yakni Hormon T3 (Tri-iodo trirosin) dan T4 ( Tirosin) berfungsi untuk metabolisme gula, protein,lemak dan mengatur energi tubuh, penggunaan vitamin serta hormon lain untuk pertumbuhan serta maturasi jaringan Terkait dengan hormon tiroid dikenal beberapa istilah seperti :
eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.
1.Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal.
2.Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon
TSH RENDAH
3.Hipotiroid berarti kelenjar gondok bekerja dibawah normal hasil laboratorium TSH TINGGI

HYPOTHYROID
Hipotiroid adalah penyakit akibat dari proses inflamasi yang menyerang kelenjar tiroid, dalam hal ini aktivitas tiroid lalu mengalami penurunan. Penyebabnya bisa karena kekurangan yodium, atau bawaan genetik. Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Badan gemuk , malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Denyut nadi lambat, suara serak, alis mata rontok, kelopak mata turun, tidak tahan cuaca dingin, susah buang air besar,Rambut kering ( tipis & kasar), Kulit kering ( bersisik, tebal, kasar),kebingungan, depresi dan demensia (pelupa), kolesterol darah sangat tinggi walauoun penderita melakukan diet kolesterol

Hipotiroid picu timbunan kolesterol jahat
1. Hal itu terjadi karena pada kondisi hipotiroid, kolesterol yang dikeluarkan oleh tubuh tidak banyak maka terjadi penumpukan kolesterol pada pembuluh darah yang dapat memicu serangan jantung.
2. Karena metabolisme tidak berjalan lancar, maka tubuh menjadi lebih lelah. Sering mengantuk, bahkan terjadi pembengkakan di berbagai bagian tubuh,

HIPERTHYROID
adalah kondisi tubuh yang kelebihan Hormon tiroksin yang berlebih dapat mengganggu metabolisme tubuh. Beberapa gejala hipertiroid yaitu si penderita hiperaktif, gelisah, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar/ denyutnya cepat, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol (membengkak, memerah dan menonjol), mata peka terhadap cahaya, mata seakan menatap, kebingungan. banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus, tekanan darah tinggi, sering buang air besar dan diare, sulit tidur serta kulit diatas tulang kering menonjol dan menebal. Apa Efek yang ditimbulkan ?
1. oftalmopati graves,
2. keguguran,
3. eklampsia,
4. hipotiroidisme,
5.gangguan jantung,
6.osteoporosis.
Oleh sebab itu apabila anda mengalami beberapa gejala hipertiroid seperti ýgbhdiatas, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan penanganan yang tepat

Bagaimana kelenjar Gondok sampai membesar dan msnonjol jelas dilehar,apa itu bahaya?
Tentu bai sebagaian orang akan merasa terganggu terutama dari segi kecantekan,Lqlu apa perlu dioperasi?
Bila pembengkakan itu tidak terlalu membesar amat dan mengganggu maka sebaiknya jangan diangkat karena berefek pada sewaku operasi terpotomg
1. saraf pita suara maka timbul efek tak bersuara postoperasi.
2.anak gondok terangkat timbul kejang dalam 6 jam tidak diatasi pasien akan mati.
KESIMPULAN ;
Antara Fakta n realita di lapangan selalu keliru membedakan Hiper a Hipotiroid karena hanya memacu pada T3,T4 TINGGI dianggap Hipertirpid sebaliknya T3,T4 RENDAH dianggap Hipotiroid.ini adalah sangat keliru!
Untuk Membedakan kedua jenis ini bukan dilihat pada pada kelebihan atau kekurangan
T3 n T4 melainkan pada hormon TSHs Bila TSHs meninggi petanda menderita Hypothyroid sebaliknya TSHs menurun petanda Hyperthyroid.
Baik Hipertirpid maupun Hopotiroid ,kedua penyakit membawa efek yang berbahaya bagi kesehatan kita. Sebab itu kelenjar gondok merupakan salah satu organ vital kita yang tidak boleh mengalami gangguan. Sebab itu peran kelenjar gondok bisa menyebabkan Kemandulan, DM Kelemahan otot n daya berpikir mundur , Gangguan Penyakit Jantung dan penyakit lainnya. bila mengalami gangguan segeralah konsultasi ke dokter anda.
Sekilas info, semoga bermanfaat!
RobertoNews 827 :《21.1.2020(11.11)》