Sajak Untuk Pak Tua

  • Whatsapp

Oleh: Saiful Huda Ems.

Dulu saya dkk. menginginkan PILPRES secara langsung oleh rakyat, tapi tak begini yang saya dkk. inginkan.

Dulu saya dkk. menginginkan refungsionalisasi MPR, tapi tak seperti ini yang saya dkk. maksudkan.

Dulu saya menginginkan Otonomi Daerah, tapi tak begini yang saya dkk. inginkan hingga muncul PERDA-PERDA bermasalah.

Dulu saya dkk. menginginkan Cabut Dwi Fungsi TNI, tapi tak begini yang saya dkk. inginkan.

Dulu saya dkk. menginginkan terlepasnya Legislatif dari kungkungan Eksekutif (executive heavy) , tapi kok begini pelaksanaannya?

Dulu saya dkk. menginginkan Lembaga Yudicial yang merdeka, tapi kok seperti ini sekarang realitanya?

Dulu saya dkk. menginginkan perampingan kabinet, namun kok malah seperti ini jadinya?

Sebenarnya siapa sih yang merampok ide-ide saya dan teman-teman dahulu, hingga ketika ide-ide itu dirampok mereka serampangan menerapkannya di lapangan?

Kini salah satu dari Sang Perampok Ide itu telah melaksanakan Hari Ultahnya yang ke 76 tahun, bagaimana saya mau memberi ucapan selamat padanya?

Di Tahun 1995 kami memulai mendobrak Sistem ORBA secara terang-terangan dari Jerman, hingga elit-elit politik nasional seperti Pak Tua yang merayakan Ultahnya yang ke 76 itu mentertawakan dan mencibir kami di berbagai koran atau surat kabar dan stasiun TV.

Anehnya setelah kami pulang dengan selamat dari luar negeri, dan Rezim ORBA jatuh di Tahun 1998, elit-elit politik itulah yang berkuasa dan menjiplak habis ide-ide kami secara membabi buta tanpa tau bagaimana ide-ide itu diterapkan sesuai yang kami inginkan.

Plagiator memang hanya akan memahami kulit luarnya saja, namun bagaimana substansinya mereka akan buta selamanya.

Baiklah saya ucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke 76 Pak Tua, semoga kau lekas sadar dan mewartakan pada rakyat, bahwa ide-idemu sebelum dan sesudah Reformasi 98 hanyalah Copy Paste dari ide-ide kami, dan tanah yang begitu luas yang kamu dapat dari hasil memperdayai rakyat bisa selekasnya kau kembalikan lagi ke negara.

Jangan sampai kau dan gerombolanmu suatu saat meninggalkan dunia dengan membawa beban dosa sejarah yang akan membuatmu babak belur di akhirat sana. Salam…(SHE).

Saiful Huda Ems (SHE). Mantan Gerilyawan Politik di Berlin Jerman Tahun 1991-1995, Ketua Umum Pimpinan Pusat ORMAS HARIMAU JOKOWI.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait