Sarat Makna Kebaikan, Pelajarilah Bacaan Ayat Al-Qur’an beserta Tafsirnya

  • Whatsapp

Sebagai umat Islam, tentunya setiap hal dalam kehidupan haruslah berdasarkan pada pedoman hidup yakni Al-Qur’an dan hadist. Di dalam Al-Qur’an dan hadist terdapat banyak ajaran serta hukum Islam yang harus diamalkan.

Pada praktiknya, para ulama meyakini jika Al-Qur’an adalah yang utama dan hadist adalah yang kedua. Al-Qur’an juga bukan sekedar petunjuk dan pedoman hidup, kitab suci umat Islam ini adalah kalam Allah swt yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw melalui perantara malaikat Jibril.

Sehingga keberadaannya menjadi acuan dalam setiap aspek kehidupan manusia tanpa terkecuali. Apapun yang dilakukan manusia tidak boleh bertentangan dengan aturan Allah swt yang telah  disebutkan dalam Al-Qur’an.

Oleh karena itu, untuk dapat mengamalkan isi Al-Qur’an dengan baik dan benar tidak hanya harus mampu membaca tetapi juga harus bisa menafsirkan Al-Qur’an. Mempelajari hal tersebut bisa dilakukan dengan mengikuti pengajian atau membaca isi Al-Qur’an melalui situs maupun aplikasi yang membahas tentang tafsir Al-Qur’an seperti di situs TafsirWeb.com.

Beberapa tafsir yang tersedia di situs tersebut antara lain dari Kementerian Agama RI, Kementerian Agama Saudi Arabia, tafsir al-Mukhtashar, yang disupervisi Imam Masjidil Haram Dr. Shalih Humaid, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah, dan lain sebagainya.

Beberapa tafsir Al-Qur’an yang direkomendasikan antara lain:

  1. Surat Yasin Ayat 83. Tafsir akan surat yang disebut juga sebagai jantung Al-Qur’an ini adalah salah satu yang sangat disarankan. Surat Yasin sangat populer di Indonesia dan dibaca rutin setiap satu minggu sekali. Tidak hanya itu, surat ini juga dibaca di beberapa kegiatan seperti majelis ilmu. Oleh karena itu, sebaiknya membaca surat ini juga harus diikuti dengan pemahaman tafsirnya.
  2. Surat Al-Ahzab Ayat 70. Sebagai umat Islam tentu sudah tahu jika kita diperintahkan Allah untuk bertakwa kepadaNya dan menjauhi larangannya. Karenanya, tafsir Al-Qur’an yang telah diuraikan oleh para ulama akan sangat membantu dalam memahami bahasa dan pesan yang disampaikan Al-Qur’an agar lebih mudah dipahami.
  3. Surat Al-Isra Ayat 27. Pada surat dan ayat ini memiliki terjemahan arti yakni “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya,”. Sebaiknya baca dan pelajari tafsirnya agar lebih sempurna dalam memahami artinya. Tafsiran Al-Qur’an juga memberi banyak nasihat agar dapat menjalani hidup sesuai dengan syariat.
  4. Surat Al-Anfal Ayat 72. Tafsiran dari surat ini juga sebaiknya dipelajari dan dipahami, karena semua ayat dan surat dalam Al-Qur’an sarat makna yang mengajak kepada kebaikan. Tidak ada ruginya membaca tafsiran Al-Qur’an karena ada begitu banyak ilmu dan petunjuk di dalamnya.
  5. Surat Al-Kafirun Ayat 1. Surat ini mungkin adalah satu dari sekian surat dalam Al-Qur’an yang sering dibaca pada saat shalat karena surat ini ada di Juz 30 dalam Al-Qur’an atau disebut juga dengan Juz Amma. Sayangnya, mungkin masih banyak umat muslim yang hanya sekedar membaca tanpa memahami arti dan maksudnya. Pelajari tafsiran surat ini agar lebih afdhal dan khusyuk ketika dibaca dalam shalat.

Dengan memahami bacaan Al-Qur’an, maka pesan yang ada di dalam kitab suci umat Islam ini juga akan tersampaikan dengan sempurna. Alangkah baiknya jika kita tidak hanya mempelajari bacaan Al-Qur’an tetapi juga menyempurnakannya dengan memahami tafsir kalam Allah swt ini.

Luangkanlah waktu untuk membaca Al-Qur’an dan mempelajari tafsirannya. Ada banyak ilmu dan manfaat yang akan didapat.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait