Satgas Lawan Covid-19 DPR Apresiasi Protap Bandara Soekarno-Hatta

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 DPR RI melakukan kunjungan inspeksi mendadak (sidak) ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/5). Sidak dipimpin langsung Wakil Ketua DPR RI selaku Ketua Satgas Lawan Covid-19 DPR RI. Sufmi Dasco Ahmad.

Legislator Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menjelaskan, sidak Satgas Lawan Covid-19 DPR RI dalam rangka melihat langsung bagaimana prosedur dan Protap Covid-19 yang dilakukan baik untuk keberangkatan maupun pemulangan penumpang khususnya baik yang ada di Terminal II dan Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Kepada awak media, Sufmi mengungkapkan, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI mengapresiasi seluruh pemangku kebijakan di Bandara Soekarno-Hatta karena Protap Covid-19 sudah dilakukan dengan benar sehingga Satgas Lawan Covid-19 DPR berharap protokol kesehatan yang sudah diterapkan tersebut bisa terus konsisten berjalan baik menuju kehidupan normal yang baru atau ‘new normal.

“Kami sangat apresiasi semua pihak. Kalau kemarin kan sempat viral ada penumpukan penumpang, tetapi pada hari ini memang selain karena frekuensinya agak sepi juga penanganan Protap Covid-19 tadi kami lihat sudah dilakukan dengan benar. Dimana, pemeriksaan dengan ketat baik dari sisi administrasi maupun sisi kesehatan,” ujar Sufmi.

Karena itu, Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) menegaskan bahwa Satgas memberikan apresiasi pada pihak pengelola bandara maupun semua unsur yang bertugas di bandara baik dari Kepolisian, TNI, Kemenkes, imigrasi dan jajaran stakeholder atas kerjasama yang sangat solid.

Untuk itu, dia berharap itu dapat terus ditingkatkan baik sisi administrasi maupun sisi kesehatan.

“Lalu, bagaimana penumpang diatur berdiri, diatur duduk, diatur tes kesehatan bagaimana penumpang kemudian dia kembali dilakukan pengecekan kesehatan. Serta, apabila kemudian terlihat ada indikasi terpapar Covid-19 maka kemudian penumpang itu dikarantina dan segala sesuatu yang sudah diatur dengan baik.”

Tak hanya itu, Sufmi juga mengingatkan seluruh maskapai penerbangan menerapkan Protap Covid-19 khususnya seperti yang dilakukan Garuda Indonesia. “Tadi, kami juga sudah berbincang-bincang dengan kru Garuda dimana, Garuda sudah membuat protap tentang jumlah penumpang serta jarak antar penumpang, tempat duduk di dalam pesawat. Kami berharap semua maskapai bisa membuat protap yang sama,” kata dia.

Yang penting pada saat-saat ini, kata Sufmi, bagaimana seluruh pihak dapat membuat tatanan hidup baru atau membuat suasana normal yang baru dengan tetap menerapkan protocol kesehatan atau Protap Covid-19 yang ketat.

Untuk itu, menurut Sufmi, dengan protap yang sudah ada maka ia menilai Bandara Soekarno-Hatta sudah siap menuju kehidupan normal yang baru.

Namun, perlu diantisipasi lagi mungkin jumlah daripada penumpang yang akan pergi maupun kembali sehingga perlu dikalkulasi lagi jumlah petugas maupun check point yang disiapkan baik itu untuk kesehatan maupun untuk administrasinya.

“Kami juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh petugas seluruh masyarakat dan tetap degan pola hidup sehat, protokol pencegahan Covid-19 yang ketat, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” demikian Sufmi Dasco. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait