Sebanyak 6,51 Ribu Ton Beras Digelontorkan ke Ratusan KPM di Jember

  • Whatsapp
Salah satu KPM membawa bantuan beras (beritalima.com/istimewa)
Salah satu KPM membawa bantuan beras (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Sebanyak 6,51 ribu ton beras digelontorkan kepada ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Jember.

Jutaan beras tersebut, dibagikan kepada 217.060 KPM setiap bulan yang tersebar di Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

Pemimpin Perum BULOG Kantor Cabang Jember, Ari Hardiono menyampaikan, bantuan pangan tersebut merupakan program dari Badan Pangan Nasional (BAPANAS), yang bertujuan membantu meringankan beban masyarakat pasca pandemi covid-19.

Masyarakat yang tercatat sebagai penerima bantuan pangan itu, merupakan masyarakat yang menerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH).

“Terkait data kami pastikan sudah tepat sasaran. Sebab penerima bantuan pangan adalah penerima PKH. Data tersebut diperoleh dari Kementerian Sosial yang didapat dari Dinas Sosial Jember,” kata Ari, Jumat (17/6/2023).

Setiap KPM mendapatkan bantuan berasa sebanyak 10 Kilogram. Bantuan tersebut terbatas, hanya untuk jangka waktu tiga bulan.

Sementara pendistribusian terakhir yang dilakukan pada bulan Juni 2023, merupakan alokasi terakhir, yakni untuk periode bulan Maret, April, dan Mei 2023.

Program tersebut disalurkan melalui Kantor Pos, sedangkan Bulog Jember sebagai penyedia beras bantuan pangan.

Untuk pengawasan proses pendistribusian di tingkat Kecamatan, disaksikan oleh berbagai pihak, seperti pendamping PKH, petugas dari Dinas Sosial, dari Bulog. Bahkan juga melibatkan oleh Satpol PP, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Ari menjelaskan, beras bantuan pangan tersebut tidak bisa diperjualbelikan. Karena, KPM yang menerima bantuan pangan benar-benar memanfaatkan beras tersebut untuk dikonsumsi sendiri.

“Beras bantuan pangan tidak bisa diperjualbelikan, harus dikonsumsi sendiri. Tujuannya memang untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu,” pungkasnya.

Sedangkan Sutini, salah satu penerima bantuan pangan mengaku sangat terbantu dengan program bantuan pangan.

Meskipun 10 Kilogram belum cukup memenuhi kebutuhan selama satu bulan, namun program tersebut sudah meringankan beban Sutini.

Sutini berharap, pemerintah tidak hanya mengalokasikan bantuan pangan dalam waktu tiga bulan saja. Sutini berharap program tersebut dapat terus dilanjutkan.

“Saya sangat terbantu, meskipun 10 Kg belum cukup harus saya syukuri karena ini benar-benar meringankan,” ungkapnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait