Sekda Touna Kukuhkan 50 Pengurus Anak Daerah Sivia Patuju

  • Whatsapp

Ampana – Sekertaris Daerah Dr. Sovianur Kure,.SE.,MSi mewakili Bupati Tojo Una-una mengukuhkan 50 pengurus Forum Anak Daerah Sivia Patuju Periode 2023-2025, bertempat di Auditorium Kantor Bupati, Senin (10/7/2023).

Sekda dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan undang-undang perlindungan anak (UUPA) khususnya pasal 4 menyatakan Setiap anak berhak untuk dapat hidup tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Atas dasar itu salah satu bentuk kebijakan pemerintah di bidang partisipasi anak antara lain dengan pembentukan forum anak yang merupakan wadah penyaluran aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai wujud partisipasi anak dalam proses pembangunan,”kata Sekda.

Menurut Sekda, dalam rangka melaksanakan Peraturan Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak nomor 11 tahun 2011 tentang kebijakan pengembangan Kabupaten/kota layak anak dan peraturan menteri negara pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak nomor 4 tahun 2011 tentang petunjuk pelaksanaan kebijakan partisipasi anak dalam pembangunan perlu adanya tindakan nyata dari pemerintah Kabupaten Touna untuk menjamin bahwa hak anak dalam hal tumbuh kembang serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan Setiap anak berhak untuk ikut berpartisipasi secara wajar menyatakan serta didengar pendapatnya dan juga untuk memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya.

“Oleh karena itu, maka perlu dibentuk suatu wadah yang bertujuan untuk menampung mendengarkan dan menyuarakan aspirasi serta pendapat dan harapan anak yaitu melalui pembentukan forum anak yang ditetapkan dengan keputusan Bupati,”jelasnya.

Forum anak kata Sekda, mempunyai tugas sebagai agen pelopor dan pelapor dalam hal pemenuhan hak anak dan terhadap pelanggaran hak anak yang terjadi di lingkungan sekitarnya, sebagai pelopor forum anak berada di garis depan dalam lingkungannya untuk menjadi pelopor agar senantiasa bertindak berpikir dan berkata positif inovatif dan kreatif dimulai dari diri sendiri selanjutnya mengajak teman atau orang lain untuk ikut melakukan kebiasaan tersebut.

“Forum anak daerah sebagai generasi penerus bangsa merupakan Mitra pemerintah di tangan anak-anak nasib bangsa Indonesia di masa depan dan melalui kesempatan ini diharapkan kepada seluruh perangkat daerah, lembaga, masyarakat, dunia usaha dan individual memiliki kepedulian terhadap nasib anak di kabupaten Touna dengan cara berpartisipasi membimbing dan memfasilitasi di setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh forum anak daerah Sivia Patuju,”ujarnya

Dikatakannya, selaku pemerintah daerah Saya menaruh harapan besar kepada seluruh pengurus yang sudah dikukuhkan agar terus bersemangat menghadapi tantangan ke depan dapat mengembangkan bakat dan minatnya secara optimal semoga pengurus forum anak baik di tingkat kelurahan kecamatan dan Kabupaten bisa menjalankan amanah dan bisa terus memperjuangkan hak-hak anak di Kabupaten Touna.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kadis Sosial Touna Dalfiah, Kadis Dinkes Javanet Alfari, Ketua KNPI Touna, Ketua Forum Anak Daerah, pimpinan perangkat daerah serta tamu undangan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait