Selain Karena Beras, BBM dan Cabe Rawit, Tarif Tol Ini Ikut Sumbang Inflasi

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Inflasi year on year (y-on-y) gabungan delapan kota di Jawa Timur pada Oktober 2023 sebesar 3,25 persen.

Sedangkan tingkat inflasi month to month (m-to-m) gabungan 8 kota sebesar 0,27 persen, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 116,89.

Fungsional Statistik Ahli Madya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur Umar Syarifudin menyampaikan itu di kantornya di Surabaya, Rabu (1/11/2023).

Dia menegaskan, inflasi komoditas beras pada Oktober masih tinggi, yakni 1,62 persen. Kemudian, komoditas penyumbang inflasi berikutnya adalah BBM atau bensin.

“Karena, pemerintah di awal Oktober 2023 kemarin menaikkan harga BBM,” tandas Umar Syarifudin, sembari menambahkan cabe rawit berkontribusi pada tiga besar penyumbang inflasi.

Inflasi y-on-y terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Dipaparkan, kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 7,03 persen. Kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 2,84 persen. Kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,83 persen.

Selain itu, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 2,56 persen, kelompok kesehatan sebesar 3,02 persen. Kelompok transportasi sebesar 0,86 persen. Kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 1,18 persen.

Tidak itu, kelompok pendidikan sebesar 2,11 persen. Kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 3,19 persen. Dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 4,77 persen.

Sementara itu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan mengalami penurunan indeks sebesar 0,11 persen.

“Pada level kota, Inflasi y-on-y Oktober 2023 tertinggi terjadi di Sumenep sebesar 5,29 persen dengan IHK sebesar 118,94, dan terendah terjadi di Madiun sebesar 2,41 persen dengan IHK sebesar 114,45,” tambahnya.

Disampaikan pula, tingkat inflasi y-on-y Oktober 2023 komponen energi sebesar 0,25 persen, secara m-to-m mengalami inflasi sebesar 0,61 persen.

Tingkat inflasi y-on-y Oktober 2023 komponen bahan makanan sebesar 7,56 persen, secara m-to-m mengalami inflasi sebesar 0,43 persen.

Ditambahkan, dibandingkan provinsi lain, inflasi m-to-m tertinggi di Yogyakarta, yang secara tahunan (y-on-y) sebesar 3,44 persen, sedangkan Surabaya 3,35 persen.

“Akan tetapi, secara m-to-m Inflasi Kota Surabaya sebenarnya cukup tinggi, karena pada Oktober 2023 inflasi Surabaya 0,27 persen atau lebih besar dari 5 ibukota provinsi yang ada di Pulau Jawa,” tukas Umar Syarifudin.

Menurutnya, ini karena selain komoditas beras, BBM dan cabe rawit yang jadi penyumbang paling dominan di semua provinsi, di Surabaya pada Oktober 2023 kemarin ada kenaikan tarif jalan tol, terutama jalan tol Surabaya – Gempol.

“Kenaikkan tarif tol Surabaya – Gempol
itu juga kita data, karena terjadi kenaikan sehingga menjadikan sangat berpengaruh terhadap terjadinya inflasi di Surabaya,” pungkas. (Gan)

Teks Foto: Fungsional Statistik Ahli Madya BPS Jawa Timur, Umar Syarifudin.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait