Selama Liburan KAI Commuter Wilayah 8 Siapkan Kapasitas Angkut 36.182 Orang per Hari

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sebagai operator kereta komuter di wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya, KAI Commuter telah memastikan kesiapan layanan penumpang yang diprediksi terus meningkat selama libur panjang Idul Adha dan anak sekolah mulai 13 Juni hingga 14 Juli 2024.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, selama 32 hari masa libur Idul Adha dan anak sekolah tahun ini, KAI Commuter wilayah 8 Surabaya menjalankan 1.920 perjalanan dengan mengoperasikan 60 perjalanan Commuter Line setiap harinya.

Selama periode tersebut, lanjut dia, KAI Commuter menyiapkan kapasitas angkut pengguna sebanyak 36.182 orang per hari. Sedangkan volume pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya selama periode tersebut diprediksi sebanyak 1.346.353 orang.

KAI Commuter mencatat rata-rata volume pengguna commuter line di wilayah 8 Surabaya pada hari libur sepanjang Mei-Juni 2024 ini sebanyak 43.451 orang per hari.

Disebutkan, 5 stasiun keberangkatan dengan volume terbanyak, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Sidoarjo.

Sedangkan stasiun kedatangan dengan volume pengguna terbanyak diprediksi Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Wonokromo, Stasiun Malang, Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Sidoarjo.

KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan kebijakan pelayanan yaitu kursi prioritas sebanyak 4 tempat duduk per kereta yang disediakan di ujung-ujung kereta atau dekat bordes. Tempat duduk prioritas ini dikhususkan untuk disabilitas, lansia, dan pembawa balita.

Selain itu, KAI Commuter wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan okupansi pengguna maksimal pada setiap perjalanan Commuter Line. Jika jarak tempuh Commuter Line kurang dari 100 Km, diberlakukan okupansi sebanyak 150%, atau 159 pengguna tiap keretanya.

Sedangkan jika jarak tempuh Commuter Line lebih dari 100 Km, lanjut Anne, diberlakukan okupansi sebesar 120% dari total kapasitas tempat duduk atau sebanyak 128 orang tiap keretanya.

Anne mengimbau, bagi yang akan melakukan perjalanan menggunakan Commuter Line agar merencanakan perjalanan sejak awal dengan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, yang sudah bisa dilakukan mulai 7 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Ia juga mengimbau pada calon pengguna Commuter Line untuk menyiapkan kartu identitas guna mempercepat proses boarding di stasiun keberangkatan.

Ditambahkan, KAI Commuter juga telah mengantisipasi kemungkinan kepadatan pengguna di sejumlah stasiun dengan melakukan penambahan fasilitas dan petugas untuk pelayanan dan keselamatan, di samping kesiapan sarana untuk kelancaran operasional perjalanan Commuter Line. (Gan)

Teks Foto: Commuter Line di wilayah 8 Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait