Seluruh PKL Kodam V Brawijaya Terlindungi Program BPJAMSOSTEK

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) di Lapangan Makodam V Brawijaya di Surabaya terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK. Jumlah mereka tercatat sebanyak 1.205 pedagang.

ΔΊ
Para pedagang tersebut sementara ini mengikuti 2 dari 4 program BPJAMSOSTEK, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Dan itu akan disusul 2 program lainnya, Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Kepesertaan 1.205 pekerja mandiri atau bukan penerima upah (BPU) tersebut tercatat di BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Karimunjawa. Sistem pembayaran iuran akan ditarik melalui keagenan Perisai setiap bulan. Nilai iurannya Rp 16.800,-/ bulan.

Dalam acara sosialisasi di Balai Prajurit Kodam V Brawijaya di Surabaya, Sabtu (8/2/2020), hadir Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur, Dodo Suharto, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Karimunjawa, Suharto, Pembina PKL Kodam V Brawijaya, Mayor Inf Tarno dan Mayor Inf Hendro, serta seluruh PKL.

Selain mereka juga hadir dr. Anastasia dari Rumah Sakit Siloam, yang memberikan testimoni tentang layanan medis pada peserta BPJAMSOSTEK yang mengalami kecelakaan kerja, dan koodinator sopir angkot Joyoboyo-Sidoarjo yang bertestimoni tentang manfaat program JKK dan JKM yang sudah dirasakan anggota dan keluarganya.

Selain itu, dalam sosialisasi ini juga dilakukan penyerahan santunan JKK meninggal atas nama almarhum Hariyanto (pekerja PT Nitya Pakem Konsultan) kepada ahli warisnya (Unik Suniarsih) sebesar Rp 174.662.166,-, dan santunan JKM atas nama almarhum Ali Zuhdi (pekerja PT Karya Jaya Mandiri Sakti) kepada ahli warisnya (Hoirun Nisa) sejumlah Rp 52.363.220,-.

Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur, Dodo Suharto, mengapresiasi jajaran Kodam V Brawijaya yang telah mendorong para PKL binaan mereka untuk menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

Dodo berharap dukungan seperti ini akan diikuti instansi-instansi lain, sehingga seluruh pekerja mendapat perlindungan jaminan sosial jika mengalami resiko kecelakaan kerja, kematian, dan dimasa tuanya.

Diungkapkan pula dalam sambutannya, masih banyak pekerja terutama pekerja BPU yang belum sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Karena itu, peran serta pihak-pihak terkait seperti Pembina PKL Kodam V Brawijaya sangat diharapkan.

Dalam kesempatan ini Dodo juga menyarankan para PKL ini untuk memanfaatkan tehnologi dengan memposting dagangannya ke Instagram. Dodo juga akan menginstruksikan karyawan BPJAMSOSTEK Jatim untuk belanja di pasar malam lapangan Kodam ini daripada ke mall. Dia juga akan mengajak komunitasnya bersepeda untuk berwisata kuliner di pasar malam ini.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Karimunjawa, Suharto, menambahkan, kegiatan ini terlaksana setelah dirintis sejak Agustus 2019, dan baru hari ini terjadi kesepakatan pendaftaran para PKL Kodam V Brawijaya ke BPJS Ketenagakerjaan.

Ditegaskan, para PKL ini memang wajib daftar BPJS Ketenagakerjaan, karena di samping iurannya sangat terjangkau dan manfaatnya besar, juga memang wajib daftar berdasarkan undang-undang.

Suharto juga menyampaikan terimakasih pada jajaran Kodam V Brawijaya yang telah mensuport BPJS Ketenagakerjaan, termasuk atas fasilitas tempat untuk sosialisasi.

Dia yakin, pembinaan yang dilakukan Kodam V Brawijaya akan meningkatkan kesadaran para PKL atas pentingnya perlindungan jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan.

Bahkan, melihat keberhasilan Kodam V Brawijaya dalam pembinaan pada para PKL ini, Suharto yakin kedepan pasar malam di Lapangan Makodam ini akan menjadi percontohan pasar sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pembina PKL Kodam V Brawijaya, Mayor Inf Hendro, menyatakan, intinya pihaknya ingin seluruh PKL binaan Kodam V Brawijaya ini juga mendapat perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, utamanya jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Kami tidak ingin para pedagang binaan kami ini sengsara. Kami justru ingin mereka maju dan sejahtera,” ujarnya. (Ganefo)

Teks Foto: Dodo Suharto, Suharto, Mayor Inf Tarno, Mayor Inf Hendro, beserta pembina lain dan seluruh PKL dalam acara sosialisasi manfaat program BPJAMSOSTEK di Balai Prajurit Kodam V Brawijaya di Surabaya, Sabtu (8/2/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait