Semarakkan Hari Sumpah Pemuda, KPU Jatim Berikan Pendidikan Pemilih Lewat Nobar Film “Kejarlah Janji” Bersama Mahasiswa UINSA

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Semarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) manfaatkan momentum dengan kembali memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih melalui kegiatan nonton bareng (nobar) Film Pemilu “Kejarlah Janji”, Sabtu (28/10/2023).

Nobar kali ini sekaligus menjadi rangkaian dari KPU Goes to Kampus yang diadakan bersama sekitar 180 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FISIP-UINSA) Surabaya

Agenda nobar bertempat di Ruang Amphiteater Lantai 9 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Gunung Anyar, Surabaya,

Nobar terasa istimewa karena dihadiri langsung oleh Anggota KPU RI, Mochamad Afifuddin.

Dalam sambutannya Afif menyampaikan bahwa film Pemilu “Kejarlah Janji” menjadi salah satu ikhtiar KPU RI dalam mensosialisasikan Pemilu dan memberikan pendidikan pemilih dengan cara yang menggembirakan.

“Pemilu bukan sekadar peristiwa politik tapi juga peristiwa kesenian dan kebudayaan. Bukan hanya yang dimaknai oleh kalangan orang tua atau peserta Pemilu, tetapi juga kita semua,” terangnya.

Ia menambahkan, inspirasi pesan yang tercipta dari film ini adalah bagaimana masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dan tidak menyebar hoaks atau berita bohong. Selain itu, “Kejarlah Janji” juga menekankan pentingnya orang-orang yang terpilih untuk bisa menepati janji mereka.

“Harapannya kami melalui film “Kejarlah Janji” ini mengingatkan kita dengan Pemilu 2024,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Afif juga mengatakan bahwa KPU RI akan memperoleh dua rekor MURI untuk rekor nonton bersama paling meriah menyambut perhelatan Pemilu Tahun 2024.

“Pertama, pada Hari Santri 22 Oktober 2023 kemarin kami menyelenggarakan nonton bareng serentak di ratusan pesantren di Indonesia. Dan yang kedua juga mengadakan nonton bareng serentak di ratusan kampus yang kita percayakan kepada jajaran KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk memilih kampusnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan II FISIP UINSA, Aniek Nurhayati menyampaikan terima kasih kepada KPU karena telah mempercayakan UINSA dalam penyelenggaraan KPU Goes To Campus dalam rangka Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih melalui film. Ia mengapresiasi penayangan karya film “Kejarlah Janji” kepada KPU RI sebagai sarana menyampaikan pesan dan informasi kepemiluan agar terselenggara dengan baik.

“Disaat banyak film politik yang fokus pada elit-elit politik, film ini benar-benar menguak bagaimana ordinary citizen terlibat dalam politik elektoral. Sehingga pesan-pesan yang disampaikan terkait bagaimana pemilu terlaksana dengan lebih baik dan legitimate itu tersampaikan dengan begitu apik,” kata Aniek.

Aniek mewakili FISIP UINSA turut memberikan ucapan selamat kepada pihak KPU atas sosialisasi pemilih yang terlaksana melalui media film sehingga mampu memberikan pengaruh yang lebih kuat di masyarakat dengan tayangan hiburan yang mendidik.

“Dengan genre komedi, dikemas dengan cara yang sangat cerdas. Kita diberikan suguhan yang berkualitas dan menghibur,” paparnya.

KPU Goes to Campus ini dilangsungkan serentak secara nasional. Di Jawa Timur sendiri dilaksanakan di 43 perguruan tinggi, dengan jumlah peserta 9.432 orang.

Turut hadir dalam acara ini, Anggota KPU RI, Mochamad Afifuddin, serta Anggota KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, Athoillah, Miftahur Rozaq, Rochani dengan didampingi Sekretaris, Nanik Karsini.

Selain itu hadir dari jajaran FISIP UINSA Wakil Dekan I, Iva Yulianti Undatul Izzoh bersama dengan Wakil Dekan II, Aniek Nurhayati dan Ketua Jurusan Moh. Fathoni Hakim.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait