Seminar Sendiko Unipma, Walikota Madiun Paparkan Penerapan Smart City

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, menjadi narasumber dalam acara Seminar Sendiko (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer) yang digagas oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun (Unipma) secara virtual, Sabtu 29 Januari 2022.

Dalam seminar yang mengusung tema society 5.0 sebagai implementasi teknologi digital dalam Smart City itu, Walikota Madiun, H. Maidi, memaparkan penerapan konsep kota pintar untuk mendukung kemajuan kota. Salah satu pembahasan yang mengemuka yakni penerapan dimensi smart society.

Maidi mengatakan, di era digital, konsep Smart City membawa kemajuan bagi kehidupan di berbagai bidang. Salah satunya untuk mengatasi masalah sosial. Seperti yang diterapkan di Kota Madiun, pemberian fasilitas laptop gratis bagi siswa dan guru terbukti menjadi program pintar yang cukup relevan dengan kondisi pandemi.

“Pemkot Madiun sudah melaksanakan program laptop gratis sejak 2020 lalu. Kurang lebih ada sebanyak 5.425 unit laptop. Di 2021, laptop yang dibagikan sebanyak 4.880 unit. Hal ini selaras dengan program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan,” terang H. Maidi.

Tak heran, melalui berbagai penerapan konsep kota pintar ini, Kota Madiun meraih berbagai macam penghargaan bergengsi di tingkat nasional, salah satunya seperti penghargaan untuk dimensi smart society dari Kementerian Kominfo bulan lalu dan penghargaan Top City Branding Award dan Top Government Leader for Personal Branding Award 2022 dari SuaraPemerintah.id.

“Prinsipnya kita harus melek teknologi dan mengikuti perkembangannya. Ada perubahan apapun kita juga harus menyesuaikan, demi kemajuan kota,” pumgkasnya. (Sumber Diskominfo/editor Dibyo).

Ket. Foto: H. Maidi.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait