Sepekan, Taruna AAL Tingkat IV Korps Marinir Latihan Praktek Bajra Yudha di Kesatrian Pasmar-2

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sepekan kedepan, 20 orang Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Koprs Marinir Angkatan ke-65 melaksanakan latihan dan Praktek (Lattek) Bajra Yudha yang digelar di Kesatrian Sutedi Senaputra dan Kesatrian Soepraptono, Pasukan Marinir (Pasmar-2) Surabaya.

Hal tersebut diungkapkan Kepada Departemen Marinir (Kadepmar) AAL selaku Pimpinan Lattek Bajra Yudha Tahun 2020, Kolonel Marinir Teddy Yulianda Bakri saat meninjau Lattek Taruna Korps Marinir di Kesatrian Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Selasa (25/2).

Menurut Kadepmar AAL, tujuan Lattek ini adalah untuk membekali pengetahuan dan keterampilan terbatas tentang material tempur, kemampuan dan batas kemampuan serta metode pengerahan satuan kesejantaan Korps Marinir sebagai bekal dalam penugasan nantinya di satuan Resimen Artileri, Resimen Kavaleri dan Resimen Bantuan Tempur Korps Marinir.

Sedangkan sasaran Lattek yang digelar sepekan, mulai tanggal 24-28 Februari 2020 ini lanjutnya, diharapkan Taruna Tingkat IV Korps Marinir Angkatan ke-65 dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan terbatas mengenai material tempur, kemampuan dan batas kemampuan serta metode pengerahan satuan kesenjataan Marinir.

Lattek Bajra Yudha bagi Taruna AAL tingkat akhir yang melibatkan 22 pelatih dari Pasmar-2 ini, akan melahap berbagai materi yang sifatnya pengetahuan berupa Karakterisitik Material Kavaleri, Artileri dan Banpur Marinir, maupun drill teknis dan taktis di Resimen Artileri berupa Senjata dan Gerakan Taktis Senjata Arhanud BVP-2, Gerakan Artileri Medan (GAM) dan Gun Drill RM 70 Grad dan RM Vampire serta GAM dan Gun Drill Howitzer 105 mm LG1 MK ll.

Sementara itu drill teknis dan taktis di Resimen Kavaleri berupa Pergerakan Tank dan Kerjasama Infanteri dan Tank (KSIT) di Yon Tankfib-2 Mar, pengerahan Ranratfib (RRF) dan Infantery Mekanis di Yon RRF -2 Mar, serta Pengerahan K-6, Embarkasi dan Debarkasi material di Kapa -2 Mar.

Sedangkan drill teknis dan taktis di Resimen Menbanpur berupa Yon Angmor-2 Mar konvoi kendaraan, Yon Zeni -2 MarKontruksi dan Denkontruksi, Yon Bekpal -2 Mar gelar Dapur Lapangan dan Harkan material, Yon Komlek -2 Mar gelar Komunikasi Lapangan, Yon Pom – 2 Mar Tatiblin dan penanganan tawanan perang, Yon Kes – 2 Mar gelar Rumkit Lapangan dan Medevac.

Mengingat banyaknya material yang diberikan guna memberikan gambaran yang utuh pada Taruna AAL Korps Marinir tentang Kesenjataan Marinir ini lanjutnya, maka tempat latihannya pun dilakukan di tempat sebenarnya, yaitu di Resimen Artileri-2 Mar dan Resimen Banpur-2 Mar di Kesatrian Sutedi Senaputra, Karangpilang dan Resimen Kavaleri -2 Marinir di Kesatrian Soepraptono, Ujung Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait