Sosialisasi Masker di Kota Madiun, Terbukti Efektif

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Sosialisasi dan himbauan yang dilakukan Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, untuk menggunakan masker cukup efektif. Terbukti, masyarakat cukup tertib dalam menerapkan kawasan tertib masker.

Terbukti, razia tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 tak banyak menemukan pelanggar, Sabtu (18/4) malam.

Begitu juga dengan pedagang yang menyediakan layanan meja kursi. Sebagian besar pedagang sudah menerapkan layanan take away atau dibawa pulang.

‘’Sosialisasi kita sudah. Malam ini kita lakukan penindakan bagi yang masih melanggar,’’ kata Walikota Madiun, H. Maidi.

Penertiban, katanya, penting dilakukan. Sebab, jumlah Orang Dengan Resiko (ODR) di Kota Madiun terus bertambah. Hal itu, tak terlepas dari banyaknya pemudik yang nekat pulang.

Bahkan hingga Sabtu (18/4), jumlah ODR sudah mencapai 688 orang, meskipun 310 diantaranya sudah lewat pantau dan tidak sakit.

Dalam hal ini, Walikota tidak ingin terlambat melakukan antisipasi. Karenanya, pengetatan semakin ditingkatkan.

‘’Sampai saat ini, kota kita masih zero (Korona). Tetapi ODR-nya semakin banyak. Jangan sampai ada positif baru bergerak. Makanya kita cegah dulu,’’ tegasnya.

Sabtu malam, kegiatan razia sengaja menyasar kegiatan perekonomian. Pedagang maupun pembeli wajib memakai masker. Kedua, tidak menyediakan layanan meja, kursi, maupun tikar untuk duduk. Beberapa warung yang masih menyediakan kursi langsung diangkut. Ada juga pedagang yang kooperatif dengan langsung menyingkirkan kursi begitu petugas mendekat. Pemilik warung langsung diberi peringatan.

“Petugas memang memberikan sedikit kelonggaran. Namun, jangan harap ada kelonggaran ke depan. Razia kita lakukan berkala. Tim akan berkeliling untuk memantau. Tatkala ada yang melanggar, kita lakukan lagi razia. Maaf saya harus tegas dalam hal ini untuk kebaikan kita bersama,’’ tandasnya.

Walikota berharap masyarakat turut membantu penanggulangan Covid-19 dengan disiplin mengikuti anjuran pemerintah. Yakni, memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dan segera pulang serta jaga jarak.

Masker, lanjutnya, merupakan pengaman pertama. Kedua, dengan jaga jarak dan memperbanyak cuci tangan pakai sabun. Masyarakat yang disiplin setidaknya turut meringankan tugas tenaga medis yang saat ini sudah berjibaku menangani mereka yang sakit.

‘’Kasihan para tenaga medis. Harus memakai APD yang seperti itu. Mereka juga jarang pulang. Mereka kan juga punya keluarga. Mari kita bantu dengan disiplin melaksanakan himbauan pemerintah agar tidak sakit,’’ himbaunya. (Sumber madiuntoday Diskominfo Kota Madiun. Editor: Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait