STIAMAK Gelar Yudisium, 121 Mahasiswa Berijazah Baik Sekali

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sebanyak 121 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Adminitrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya dinyatakan lulus Strata (S1) dalam Yudisium yang digelar di kampus di Jalan Perak Barat 173 Surabaya ini, Kamis (29/9/2022).

Kelulusan 121 mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Bisnis ini akan diwisuda pada 29 Oktober 2022 mendatang, di hotel bintang 5 Empire, Surabaya. Dan, untuk ijazah lulusan STIAMAK kali ini akan disertakan label Terakreditasi Baik Sekali, sesuai peningkatan status akreditasi yang telah diraih STIAMAK.

Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Dr Ir Sumarzen Marzuki MMT, mengatakan, para mahasiswa yang telah menyelesaikan masa kuliah dan dinyatakan lulus sarjana ini mayoritas dari Jawa Timur, kendati ada juga yang dari Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Riau, Papua, dan Sumba.

Menurutnya, terbatasnya Perguruan Tinggi di Indonesia yang melaksanakan pendidikan ilmu administrasi bisnis terkonsentrasi kepelabuhanan dan logistik, juga banyaknya peluang kerja dari lulusan jurusan ini, serta prestasi STIAMAK yang terus meningkat, membuat masyarakat tertarik kuliah di perguruan tinggi milik Pelindo ini. Tidak hanya dari Jawa Timur, tapi juga dari daerah lain.

“Para lulusan STIAMAK pada umumnya banyak yang kerja di logistik, di pelabuhan, di forwarder, dan ekspedisi. Mereka juga bisa masuk di Gapensi dan Insa sebagai administrator, tata laksana,” kata Sumarzen.

“Sebagian mahasiswa STIAMAK memang banyak yang sudah bekerja, dan biasanya mereka pilih kelas malam. Dan mahasiswa yang semula pilih kelas pagi/siang, begitu dapat pekerjaan, terus pindah kuliah malam,” lanjut dia.

Ditambahkan, bagi yang belum bekerja, paling lama 6 bulan setelah wisuda sudah punya pekerjaan, baik di lingkungan kepelabuhanan maupun bukan usaha sendiri, baik di bidang produksi maupun jasa.

Sumarzen juga menyampaikan, STIAMAK yang kini telah Terakreditasi Baik Sekali ini kedepan akan menambah 4 prodi. Prodi Bisnis Managemen Logistik, Prodi Bisnis Digital, Prodi Keuangan dan Kebijakan Publik, serta Prodi Administrasi Rumah Sakit. Rencana menambah 4 prodi tersebut kini sudah diajukan, diusulkan.

Ditegaskan, untuk sumber daya manusia (SDM)-nya sudah siap. Para dosen STIAMAK sudah dipersiapkan untuk itu. “Semoga harapan menambah prodi tersebut segera terwujud,” tambah mantan Dirut PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI) ini.

Sementara itu Ketua Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS), Drs Iwan Sabatini MSi, dalam sambutannya berharap pengukuhan kelulusan para mahasiswa ini menjadi bekal untuk memperluas manfaat ilmu dengan nilai-nilai positif.

Dikemukakan, sebagai insan yang telah dibekali dengan nilai-nilai positif akademik, para peserta yudisium hendaknya mampu belajar berkreasi melakukan kerja apapun dalam bidang administrasi bisnis, pemasaran, dengan komunikasi yang baik dengan melibatkan orang di sekitar untuk nantinya mampu menghasilkan produk jasa dan barang serta mempromosikannya ke pihak lain.

Iwan menuturkan, teruslah belajar, dimana pun, kapan pun dan dari siapa pun. Belajar tidak identik dengan sekolah, dari kehidupan nyata pun kita bisa belajar.

“Teruslah berkarya. Kita sebagai manusia sudah dianugerahi keunggulan dan potensi yang luar biasa. Berkaryalah dengan potensi dan keunggulan yang kita miliki. Sekecil apapun karya kita lebih baik daripada hanya diam tak bergerak dengan potensi,” ujarnya.

“Jadilah pribadi yang mampu menebar manfaat untuk orang banyak di karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Apapun profesinya, mendidiklah dimanapun dan di lingkungan manapun,” tambahnya.

“Dharma bakti saudara telah ditunggu oleh keluarga dan masyarakat serta negara. Jangan pernah berhenti belajar, karena kehidupan tak pernah berhenti memberi pelajaran. Fakultas kehidupan ini sesungguhnya adalah tantangan yang harus saudara sikapi dengan penuh kearifan dan keikhlasan dalam berkarya,” pesan Iwan.

“Fakultas kehidupan itulah yang akan menguji saudara sejauh mana anda memiliki integritas, sejauh mana keilmuan kalian bermanfaat, sejauh mana diri saudara memberi nilai kepada masyarakat,” pungkas Iwan. (Gan)

Teks Foto: 121 mahasiswa STIAMAK Barunawati Surabaya merayakan kelulusannya dengan melepas balon di acara Yudisium, Kamis (29/9/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait