Tanpa Beban, Taruna Tingkat lll Korps Marinir Jalani Ujian Halang Ringtang

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sebanyak 18 orang Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-66 Korps Marinir mendapat giliran melaksanakan Ujian Keterampilan Jasmani Halang Rintang (HR) tanpa beban yang digelar di Sarana Halang Ringtang Kirata, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Jumat (27/3).

Menurut Kepala Departeman Jasmani AAL, Kolonel Marinir Sony Kunila mengatakan bahwa Seorang prajurit TNI AL dalam mengemban tugas pokoknya dituntut untuk selalu berhasil. Guna menunjang keberhasilan tugasnya itu, harus mempunyai kemampuan dan keterampilan sebagai seorang prajurit.

Salah satu kemampuan dan keterampilan yang harus dikuasai yaitu, kemampuan dan keterampilan menanggulangi serta melewati beberapa hambatan, rintangan, keadaan medan yang tidak menentu di medan tugasnya nanti.

Maka dari itu lanjutnya, Taruna dan Taruni harus dipersiapkan dan dibekali dengan kemampuan dan keterampilan secara baik, sehingga bila dihadapkan pada medan yang sebenarnya akan lebih siap. Bentuk latihan untuk membentuk kemampuan dan keterampilan tersebut salah satunya adalah Halang Rintang.

“HR adalah latihan yang mengharuskan taruna/taruni melewati beberapa medan rintangan yang mempunyai tingkat kesulitan berbeda, sehingga membutuhkan fisik, daya tahan mental, dan keahlian yang memadai,” terangnya.

Materi Halang Rintang ini tambahnya, wajib dijalani oleh seluruh Taruna dan Taruni AAL, kali ini giliran Taruna Tingkat lll Agkatan ke-66 Koprs Marinir yang harus menunjukan keterampilannya dalam melewati dan menaklukkan 20 HR yang ada.

“Materi HR tanpa beban ini merupakan bagian dari aspek keterampilan jasmani yang diberikan pada Taruna Tingkat lll, selain materi perkelahian militer dan Bela Diri Militer. Keterampilan Jasmani sendiri merupakan bagian dari Materi Kesamaptaan Jasmani yang berisi Kesegaran Jasmani, Keterampilan Jasmani dan Ketangkasan Renang,” terangnya.

Untuk ujian kali ini, Kadepjas cukup puas, mengingat dari 18 Taruna Korps Marinir yang diuji Hasil ujiannya bagus, semua lulus dengan passinggrade waktu 03.38 detik dan pelaksanaan ujian berjalan aman dan lancar.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait