Taruna AAL Peduli Sesama, Buka Bersama dan Satuni Anak Yatim Dipenghujung Lattek Karkata Yudha

  • Whatsapp

Latihan Praktek Operasi Amfibi Karkata Yudha yang berlangsung selama dua pekan berakhir, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Korps Marinir Angkatan ke-67, menutupnya dengan aksi sosial “Taruna Peduli Sesama” yang dikemas dengan acara buka puasa bersama dan pemberian santuan bagi anak yantim yang digelar di Mako Lanal Batuporon, Bangkalan, Madura, kemarin.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL Letkol Marinir Datuk Sinaga selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) dan Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, Perwira Staf Depmar AAL, Perwira Staf Lanal Batu Poron dan para pelatih lainnya.

Acara yang diprakarsai oleh Taruna ini, dikemas secara apik yang diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran oleh Taruna dan Sartilawah oleh salah satu anak yatim, dilanjutkan sambutan perwakilan Taruna Marinir dan Komandan Lanal BPO, dilanjutkan ceramah agama oleh Ustadz Nur Abidin, S.Ag. dari Bangkalan, Madura hingga waktu buka puasa tiba.

Kadepmar AAL mewakili Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han). mengucapkan terimakasih atas perhatian dan dukungan Komandan Lanal Batuporon terhadap kegiatan Lattek Taruna AAL Korps Marinir, Karkata Yudha yang melaksanakan latihan di kawasan Lanal Batuporon dan sekitarnya, termasuk dalam penyiapan acara Taruna Peduli Sesama ini.

Lattek Karkata Yudha lanjut Kadepmar, merupakan latihan yang mempraktekkan mata kuliah Operasi Amfibi (Opsfib) yang telah diajarkan sebelumnya kepada Taruna di bangku kuliah AAL yang bertujuan untuk mendidik dan membekali para Taruna agar memiliki keterampilan tentang tugas teknik dan taktik Opsfib tingkat Peleton, sehingga dapat menjadi bekal untuk melaksanakan tugas sebagai Danton Infanteri dan jabatan lain setingkat di satuan kerja Marinir serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI AL.

Sementara itu Danlanal Batuporon, mewakili warga Madura megucapkan terimakasih kepada AAL yang telah memilih Madura sebagai daerah latihan dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepedulian Taruna AAL terhadap warga Madura, khsusnya para anak yatim yang mendapatkan santunan.

Sementara itu Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat), Letkol Marinir Syamsul Bahri, M.Tr (Hanla) menyampaikan bahwa puncak dari Acara Taruna Peduli Sesama ini ditandai dengan pemberian bahan kontak berupa perlengkapan sekolah dari 25 Taruna kepada 25 Anak Yatim secara serempak dan diakhiri dengan pemberian tali asih yang disisihkan langsung dari uang jajan para Taruna sendiri.

Usai menerima tali asih, para anak yatim dipimpin ketua rombongan panti asuhan mendoakan untuk kesehatan, keselamatan dan keberhasilan para Taruna AAL dalam mengikuti latihan dan pendidikan di AAL dan berharap para Taruna ini kelak menjadi pemimpin TNI yang Bermoral dan Profesional.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait