Terima Penghargaan Nirwasita Tantra, Walikota Madiun Didaulat Jadi Pembicara

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pembangunan fisik daerah, tidak hanya memperhatikan fungsi dan estetika. Di Kota Madiun, Jawa Timur, juga mempertimbangkan kelestarian lingkungan.

Hal ini salah satu yang menjadi pertimbangan Kota Madiun mendapatkan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Karena hal itu, Walikota Madiun, H. Maidi, menerima penghargaan Green Leadership ‘’Nirwasita Tantra 2020’’ dari kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk kategori Pemerintah Daerah Kota Sedang, Selasa 15 Juni 2021.

Penghargaan serupa juga diterima oleh DPRD Kota Madiun secara virtual.

Atas penghargaan tersebut, H. Maidi berharap seluruh masyarakat Kota Madiun bisa ikut berbangga.

“Ini adalah hadiah untuk ulang tahun kota kita tercinta yang ke-103 tahun,’’ tutur H. Maidi.

Penghargaan Nirwasita Tantra, lanjutnya, menjadi bukti apresiasi atas kinerja seluruh pihak selama ini. Khususnya, dalam hal pembangunan di Kota Madiun.

“Seluruh jerih payah dan lelah untuk membangun kota ini dibayar lunas dengan penghargaan ini,’’ tandasnya.

Upaya pembangunan kota dengan memperhatikan prinsip pembangunan berkelanjutan, urainya, memang telah menjadi fokus perhatian pemkot selama ini. Hal ini juga diperkuat dengan adanya program, kegiatan, dan kebijakan yang memperhatikan prinsip-prinsip tersebut. Salah satunya, pembangunan kampung tematik, lapak UMKM, hingga trotoar yang multi fungsi.

Tak hanya menerima penghargaan, pada kesempatan tersebut Maidi juga didapuk menjadi pembicara. Yakni, dalam talkshow bertema “Peran Kepala Daerah Sebagai Green Leaders Dalam Peningkatan Green Economy”.

Kesempatan inipun dimanfaatkan olehnya untuk mengenalkan konsep pembangunan yang dilakukan Pemkot Madiun.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, memberikan ucapan selamat kepada seluruh kepala daerah dan DPRD yang menerima penghargaan.

Menurutnya, tak mudah untuk mendapatkan penghargaan ini. Sebab, proses seleksi dilakukan secara ketat dan panjang. Total ada 21 provinsi, 57 kota, dan 146 kabupaten yang bersaing mendapatkan penghargaan tersebut.

‘’Penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah atas aktualisasi kepemimpinan yang berorientasi green maupun deep green dalam merumuskan program kerja dan kebijakan yang secara ketat menganut prinsip pembangunan berkelanjutan,’’ terang Siti Nurbaya. (Sumber Diskominfo/editor: Dibyo).
Siti Nurbaya (kiri), H. Maidi (kanan).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait