Tiga calon Ketum HMI Cabang Jayapura Periode 2022-2023 Lolos Verifikasi, Ini namanya

  • Whatsapp

JAYAPURA – Steering Committee (SC) Konferensi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jayapura ke XXIII, menetapkan tiga bakal calon kandidat Ketua Umum HMI Cabang Jayapura lolos verifikasi dan dinyatakan sah menjadi calon Ketua umum HMI Jabang Jayapura, periode 2022 -2023.

Ketiga nama calon ketua cabang tersebut adalah Dahlan Rettob asal Komisariat STIE Port Numbay , Erwin Kuban dari Komisariat Hukum Uncen dan Rison Zul Akbar Limbong dari Komisariat USTJ. Ketiga kandidat calon Ketua HMI Cabang Jayapura ini dinyatakan lulus dan diputuskan berdasarkan SK No : 01/KTPS/A/04/1444 Hijriyah.

Ketua SC Konferensi HMI Cabang Jayapura ke XXIII, Zulkarnain Zidan Rumadan kepada awak media mengatakan jika Konferensi dilakukan sudah menjadi regulasi intitusi sebagai wujud regenerasi pada tubuh HMI Cabang Jayapura. Dikatakannya lagi, setelah tahapan seleksi tersebut, maka pada tanggal 3 November bersamaan dengan agenda Konferensi akan dilakukan debat kandidat yang akan diselenggarakan di Aula LPMP Jayapura di Kotaraja.

“Jadi karena waktu mepet, maka debat kandidat disatukan, awalnya kami mau buat terpisah antara debat dan opening ceremony konferensi, namun mengingat waktu maka kita satukan. Jadi nanti debat dulu baru Konferens,”kata Zulkarnain saat menggelar konferensi pers bersama PJ. Ketua Umum HMI Cabang Jayapura Muhamad Alarid Tianotak, di Graha Insan Cita HMI di Kotaraja Abepura, Selasa (1/11/2022) malam.

Dikatakan, dengan sudah adanya putusan calon Ketua Umum HMI Cabang Jayapura tersebut, maka diharapkan tidak ada lagi kandidat bayangan. Sehingga untuk proses seleksi pihaknya menyepakati diberikan tambahan poin syarat khusus.

“Kalau sesuai institusi maka syarat umumnya adalah mendapat rekomendasi dari komisariat asal dan atau mendapat dua rekomendasi penuh dari komisariat asal, namun kebijakan khusus yang kami berikan adalah hanya satu rekomendasi penuh dari komisariat asal, meningat kerja keras kedapan. Dan lagi syarat yang kami berikan adalah bakal calon harus mengikuti verifikasi sehingga bisa ditetapkan sebagai calon kandidat. Sehingga bagi kandidat bayangan yang tidak ikut verifikasi maka tidak bisa,”jelasnya.

Sementara PJ Ketua HMI Cabang Jayapura Muhamad Alarid Tianotak menyebut jika pada prinsipnya semua berdasar atas rekomendasi seluruh komisariat di HMI Cabang Jayapura. Sehingga proses Verifikasi bakal calon dilakukan.

“Proses verifikasi dan debat nantinya bermuara pada cita-cita luhur HMI untuk menghasilkan kader-kader HMI yang berkualitas, punya spirit dan bukan karbitan. Menjadi pemimpin yang berdedikasi dan mampu memimpin sampai selesai periode,”ucapnya.

Diakuinya jika proses seleksi yang dilakukan terbuka dengan grade point yang telah ditentukan institusi menjadi tolak ukur verifikasi bakal calon. Sehingga kandidat yang dinyatakan lolos verifikasi adalah kandidat terbaik yang nantinya akan bertarung untuk menjadi yang terbaik memimpin HMI Cabang Jayapura.

“Tentu ini yang kita harapkan bersama, kriteria bakal calon sudah ditetapkan institusi sehingga rull ini yang kami pedomani. Berbagai prosedur dan syarat-syarat sudah diversifikasi oleh SC dan hasilnya adalah tiga kandidat tersebut yang telah disahkan sebagai calon,”terangnya.

“Kami berharap proses ini bisa berjalan baik hingga pleno nanti dan terpilihlah Ketua Umum HMI Cabang Jayapura yang terbaik,”pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait