Tiga Hari Orientasi Kampus STIAMAK Tekankan Bisnis Maritim

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya menggelar acara orientasi kampus atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama tiga hari, tanggal 18, 21 dan 22 September 2020 kemarin. PKKMB secara virtual ini durasinya cukup panjang, dus dengan 16 narasumber.

Dari 16 narsum itu, 3 di antaranya dari Pelindo III. Pertama, Direktur SDM DR Edi Priyanto menegaskan, Pelindo III sebagai operator terminal pelabuhan, berikut pembentukan dan pengembangan SDM pelabuhan.

Berikutnya, mantan Direktur Utama PT Terminal Petikemas Indonesia yang menjabat Senat STIAMAK, DR Sumarzen Marzuki menyampaikan sistem operasional terminal, pelayanan bongkar muat barang dan petikemas sampai beberapa istilah penyebutan item kerja di pelabuhan. 

Sementara dari Tanjung Priok Jakarta hadir Chiefy Adi Kusmargono, S.Psi, M.Sc, mantan Direktur International Port Corporation (IPC) yang sekarang menjabat Direktur Utama Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia, berbagi tentang SDM unggulan pada bisnis maritim.

“Orientasi kampus tahun ini menjadi paling lengkap. Mulai informasi akademik STIAMAK, informasi LLDIKTI, asosiasi IAIBI dan informasi tentang bisnis pelabuhan, semuanya disampaikan oleh para ahlinya,” kata Ketua Yayasan Barunawati Biru Surabara (YBBS), Andito Sutarto, saat menyampaikan materi tentang YBBS.

Orientasi kampus secara online diawali mulai program dan sistem pelayanan oleh Waket I Soedarmanto MM. Tentang SDM dan  Keuangan oleh Drs Kajanto MM. Tentang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) oleh Nur Widyawati S.SI, SE, M.SM. Tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) disampaikan Juli Prastyorini S.Sos, MM.

Selain itu, Pengembangan Bahasa Inggris Toefl oleh Rusi Aswidaningrum S.Hum M.Hum, Direktur SLCC. Manajemen IT oleh Dian Arisanti S.Kom MM. Bidang Pengembangan Kemahasiswaan (BEM) oleh Iskandar Zulkarnain S.Si MM, dan Marketing Communication (Humas) oleh Drs Moh. Fail, S.Ag.

Sementara dari ekternal ada Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. DR. Ir. Suprapto DEA, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Administrasi Bisnis (IAIBI), Prof. DR. Kusdi Raharjo, DEA.

Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, DR. Nugroho Dwi Priyohadi S.Psi M.Sc, mengatakan, STIAMAK merupakan perguruan tinggi swasta yang mengikuti standar perguruan tinggi maju dan modern. Memenuhi standar akademik dan memiliki ciri khas tersendiri. 

STIAMAK lebih menekankan pada penguasaan ilmu bisnis maritim. Selain materi kuliah diajarkan oleh dosen sesuai disiplin keilmuannya masing-masing, mahasiswa juga mendapatkan kuliah dengan dosen praktisi bisnis pelabuhan.

“Mahasiswa nanti akan bertemu dengan pakar-pakar di bidang pelabuhan. Mereka adalah para direksi Pelindo III dan anak perusahaan. Juga, praktisi bisnis dari luar Pelindo III. Saya minta mahasiswa disiplin kuliah dan tertib administasi, karena di STIAMAK semua sudah online,” pungkas Nugroho. (Ganefo)

Teks Foto: STIAMAK Barunawati Surabaya saat menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara virtual selama 3 hari, Jumat, Senin dan Selasa (18, 21 dan 22/9/2020) kemarin. 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait